Share

Tour of Kemala Belitong 2022, Pembalap Internasional Ambil Bagian

MPI, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 13:02 WIB

Event akbar balap sepeda "Tour of Kemala Belitong 2022"  bekerja sama dengan pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) digelar di Belitung, 17-18 September 2022. Selain sebagai ajang balap sepeda bertaraf internasional yang diikuti pembalap nasional maupun internasional, juga menjadi ajang mempromosikan keindahan alam Indonesia  sekaligus merangsang aktivitas perekonomian pelaku UMKM lokal dan menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial.

 

Acara yang mengusung tema 'Bersinergi untuk Negeri', ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata, untuk mengangkat destinasi atau pun wisata yang ada di Kepulauan Belitung. "Selain itu, untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid 19. Puluhan UMKM pun turut hadir memeriahkan event ini," kata Winny Agung Budi Maryoto, Ketua Panitia Tour of Kemala Belitong 2022  bersama Juliati Sigit Prabowo, istri Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

 

Parama Nugroho, sekjen PB ISSI menyebut, acara ini untuk membantu membangkitkan semangat perekonomian lokal dengan memasarkan produk-produk mereka setelah dihantam pandemi. Total jumlah peserta, terdiri dari tim internasional, yakni dari Filipina (3 orang) dan Malaysia (3 orang). Sementara jumlan peserta race itu ada 270, tour ada 219 orang. Start pertama dimulai dari Tentang Kopi Black Rocks Belitung.  Dari sini peserta akan melewati jalanan yang  menurunkan dan beberapa tanjankan.  Kontur jalannya spesifik berbeda dari yang lain.

 

Tour of Kemala Belitong 2022 terbagi dalam dua kategori Bicycle Race 125 Km untuk peserta profesional nasional dan internasional di hari pertama, serta Bicycle Tour 56 Km yang dapat diikuti peserta non profesional di hari kedua. Acara ini  digelar dengan mengikuti standar internasional dan` didaftarkan ke UCI agar para atlet yang mengikuti dapat mendapatkan poin. Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp460 juta untuk kategori Bicycle125 km dan Rp118 juta untuk hadiah tour  56 km.

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini