Komunitas Bike to Work Duduk Bareng DPRD DKI Bahas Jalur Sepeda

Istimewa, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 19:53 WIB
Perwakilan komunitas Bike2Work Indonesia mendapatkan kesempatan untuk beraudiensi dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta terkait 'jalur sepeda terproteksi' di Jakarta, Senin 15 Maret 2021.
 
Menjadi penting karena jalur sepeda terproteksi yang sejatinya baru terealisasi sekitar 3 kilometer, dari rencana 11.6 kilometer di akhir bulan Maret 2021 ini, menjadi topik hangat bagi pengguna jalan raya khususnya pengguna kendaraan bermotor. Bahkan direspon pula oleh anggota DPRD DKI Jakarta.
 
 
 
Padahal, ini merupakan realisasi dari UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Permenhub No. 59 tahun 2020 tentang Keselamatan Bersepeda di Jalan, terutama hak atas rasa aman (UUD NRI tahun 1945 Pasal 28 dan 28G). 
 
 
 
Ditinjau dari sudut pandang yang lain, adanya jalur sepeda terproteksi sesungguhnya merupakan upaya agar semakin banyak orang yang menggunakan sepeda sebagai alat bermobilitas. Di belahan dunia lain, aktivitas bersepeda sudah  dikaitkan dengan peradaban baru yang lebih ramah lingkungan dan solusi atas ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil.(Foto: Komunitas Bike to Work)(ddk)

(Ist)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini