Share

Andai Honda Gagal Berikan Motor Terbaik di MotoGP 2023, Marc Marquez Diyakini Bakal Segera Hengkang

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 38 2751157 andai-honda-gagal-berikan-motor-terbaik-di-motogp-2023-marc-marquez-diyakini-bakal-segera-hengkang-tVW5HrxYNQ.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

MILAN - Mantan manajer Suzuki Ecstar, Livio Suppo percaya bahwa MotoGP 2023 akan menjadi musim yang amat penting untuk Repsol Honda. Sebab Suppo menilai jika Honda gagal menciptakan motor terbaik untuk bisa bersaing memperebutkan gelar juara, maka pembalap tim tersebut, Marc Marquez, bisa saja hengkang di akhir musim.

Tak dapat dipungkiri, Honda terlihat terlalu bergantung pada sosok Marquez. Nahasnya, Marquez justru sedang menjalani masa sulit, setelah sempat dihantam berbagai macam cedera di awal musim.

Hal itu pun berdampak pada pencapaian Honda yang suram pada musim 2022. Pada musim lalu, pabrikan tersebut finis di peringkat keenam pada klasemen konstruktor, dan hanya mampu mendulang dua podium.

Marc Marquez

Menurut Suppo, Marquez sudah jengah dengan Honda. Menurutnya, hal itu sudah terlihat dari perilaku Marquez yang dinilainya cukup janggal.

“Bukannya saya mengatakan bahwa Marc meragukan kemampuan Honda untuk menjadi seperti dulu. Saya akan mengatakan bahwa dalam beberapa wawancara terakhir, bahkan perilakunya setelah tes Valencia di mana dia berlatih di tengah hari,” kata Suppo dilansir Tuttomotori, Senin (23/1/2023).

“Ini adalah tanda bahwa dia tidak puas dengan reaksi Honda terhadap masalah yang mereka alami. Beberapa tahun. Bagaimanapun, kontrak antara Marc dan Honda akan berakhir pada akhir 2024, jadi masih ada musim-musim berikutnya,” terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kontrak Marquez bersama Honda tersisa hingga akhir musim 2024. Suppo menilai bahwa Marquez bisa saja hengkang jika Honda tidak menemukan solusi.

Musim 2023 pun dinilai Suppo menjadi momen krusial bagi masa depan Marquez bersama Honda. Jika situasi tersebut dibiarkan, Suppo mengatakan bahwa Marquez akan menimbang-nimbang keputusan hengkang pada awal musim 2024.

Marc Marquez

“Selain itu, semua tim pabrikan telah menandatangani kontrak dua tahun, mungkin hanya Yamaha yang Morbidelli akan kedaluwarsa dan oleh karena itu tidak mungkin menemukan solusi alternatif untuk Marc selain Honda juga untuk tahun 2024,” tutur Suppo.

“Saya yakin dia akan menggunakan musim 2023 ini untuk memahami apakah pada awal 2024 dia harus mulai melihat-lihat (kemungkinan hengkang ke tim lain) atau tidak. Ini saya pikir adalah hal yang bisa terjadi,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini