Share

Hitung-hitungan 6 Wakil Indonesia Susul Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 40 2723539 hitung-hitungan-6-wakil-indonesia-susul-mohammad-ahsan-hendra-setiawan-ke-semifinal-bwf-world-tour-finals-2022-bIhpaDKyM5.jpg Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan 5 wakil lain Indonesia belum amankan tiket semifinal BWF World Tour Finals 2022. (Foto: Badminton Photo)

HITUNG-hitungan 6 wakil Indonesia susul Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ke semifinal BWF World Tour Finals 2022 menarik dikulik. Sebab, 6 wakil ini masih punya peluang lolos ke semifinal yang akan ditentukan lewat hasil di laga terakhir fase grup pada hari ini, Jumat (9/12/2022).

Ya, Indonesia telah memastikan satu wakil nama di semifinal, yakni lewat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Hasil itu didapat setelah Ahsan/Hendra mengamankan dua tempat teratas Grup B dengan torehan dua kemenangan.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Namun, enam wakil lain Indonesia juga masih punya peluang untuk mendapatkan tiket ke semifinal turnamen penutup tahun itu yang akan ditentukan dalam laga terakhir fase grup yang dihelat hari ini, Jumat (9/12/2022). Berikut adalah hitung-hitungannya.

Sebelum itu, untuk diketahui, penilaian pada fase grup BWF World Tour Finals 2022 ini untuk dua pemain yang memiliki poin yang sama adalah dengan head to head. Jika masih sama, yang dihitung adalah selisih game. Jika masih sama juga, selanjutnya yang diadu adalah selisih skor.

Pertama, Indonesia sebenarnya telah memastikan minimal satu wakil dari tunggal putra di semifinal BWF World Tour Finals 2022. Sebab, dua tempat kini akan diperebutkan tiga pemain, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Loh Kean Yew.

BACA JUGA: BWF World Tour Finals 2022: Rinov Rivaldy/Pitha Mentari Tetap Bertekad Amankan Tiket Semifinal, Usai Dibungkam Jagoan China

Syarat mutlak Ginting dan Jonatan bisa lolos bersamaan dari Grup B adalah mereka harus bisa memenangi laga terakhir atas lawannya masing-masing. Khusus Jonatan, syarat mutlaknya ia harus menang straight game atas Chou Tien Chen (Taiwan).

Anthony Sinisuka Ginting

Sementara Ginting, dia hanya butuh kemenangan atas Loh Kean Yew (Singapura) untuk lolos otomatis ke semifinal. Jika salah satu di antara mereka ada yang kalah, perhitungan selisih game akan sangat menentukan nasib kelolosan mereka.

BACA JUGA: BWF World Tour Finals 2022: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Jadi Wakil Pertama Indonesia yang Kantongi Tiket Semifinal!

Kedua, tunggal putri Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung, akan menentukan nasibnya sendiri untuk melaju ke semifinal. Satu-satunya jalan lolos dari fase grup adalah Gregoria harus memenangkan pertandingan kontra Akane Yamaguchi di laga terakhir Grup A.

Gregoria Mariska Tunjung

Hal serupa juga dialami ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang kini duduk di posisi runner-up Grup A. Satu-satunya syarat agar membukukan tiket semifinal adalah memenangkan laga pamungkas kontra Thom Gicquel/Delphine Delrue dari Prancis.

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu di ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki jalan terbuka untuk menyusul Ahsan/Hendra ke semifinal. Sederhananya, pasangan peringkat tiga dunia itu harus bisa merebut satu game dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) di laga terakhir Grup A, terlepas dari menang atau kalah.

Jika kalah dalam dua gim langsung, perhitungan selisih skor akan menjadi penentu. Atau tidak perlu ke selisih skor, jika Fajar/Rian kalah straight gim dari Ong/Teo, mereka masih bisa lolos asalkan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan) bisa mencuri satu gim melawan Takuro Hoki/Kobayashi asal Jepang.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Terakhir, ganda putri Apriyani/Rahayu punya jalan paling berat. Syarat utama adalah mereka harus menang atas Chen Qingchen/Jia Yifan asal China di partai pamungkas Grup B.

Mereka harus menang dua game langsung atas Chen/Jia jika ingin otomatis lolos ke semifinal. Namun, jika menang rubber game, mereka akan bergantung kepada sang juru kunci asal Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, untuk mengalahkan Zhang Shuxian/Zheng Yu.

Berikut Hitung-hitungan Detail 6 Wakil Indonesia untuk Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022:

1. Anthony Sinisuka Ginting

Opsi 1: Menang atas Loh Kean Yew

Opsi 2: Chou Tien Chen Menang atas Jonatan

Opsi 3: Rebut 1 gim vs Loh Kean Yew dan Chou Tien Chen rebut 1 gim vs Jonatan

2. Jonatan Christie

Opsi 1: Menang straight gim atas Chou Tien Chen

Opsi 2: Menang atas Chou Tien Chen dan Loh Kean Yew menang straight gim atas Ginting

Opsi 3: Menang rubber gim atas Chou Tien Chen dan Ginting menang straight gim atas Loh Kean Yew

3. Gregoria Mariska Tunjung

Opsi 1: Menang atas Akane Yamaguchi

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Opsi 1: Rebut 1 gim atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, terlepas menang atau kalah

Opsi 2: Mengumpulkan skor 35 poin lawan Ong/Teo tanpa rubber gim

Opsi 3: Choi Sol Gyu/Kim Won Ho rebut 1 gim vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Opsi 1: Menang straight gim atas Chen Qingchen/Jia Yifan

Opsi 2: Menang rubber gim atas Chen/Jia dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan menang atas Zhang Shuxian/Zheng Yu

6. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Opsi 1: Menang atas Thom Gicquel/Delphine Delrue

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini