Share

Alasan Utama Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari Nyaris Mundur dari BWF World Tour Finals 2022

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 04:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 40 2718979 rinov-rivaldy-pitha-haningtyas-mentari-nyaris-mundur-dari-bwf-world-tour-finals-2022-ini-alasan-utamanya-Y8nCkns2fb.jpg Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas nyaris mundur dari BWF World Tour Finals 2022 (Foto: PBSI)

GANDA campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ternyata hampir mengundurkan diri dari BWF World Tour Finals 2022. Hal itu diungkpkan langsung Kepadal Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky.

Rionny Mainkay mengatakan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tidak dalam kondisi bagus. Hal tersebut terjadi lantaran Pitha Haningtyas sempat bermasalah dengan tulang ekor saat menjalani latihan.

Rinov/Pitha

Sebagaimana diketahui sebelumnya, BWF sudah merilis pebulutangkis yang akan mentas di BWF World Tour Finals 2022 pada Selasa 29 November silam. Salah satu di antara pesertanya ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang akan bertanding di Bangkok, Thailand pada 7-11 Desember 2022 mendatang.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas sendiri berhak mentas di BWF World Tour Finals 2022 setelah menempati urutan keenam di ranking BWF dengan koleksi 56.600 poin. Namun begitu, juara dunia junior 2017 itu ternyata sempat diragukan untuk berangkat ke Bangkok karena Pitha Haningtyas memiliki masalah di bagian tulang ekornya.

Kondisi ini awalnya diungkapkan Kepala Bidang Luar Negeri PBSI yakni Bambang Roedyanto pada 29 November 2022. Namun, ia hanya mengatakan bahwa PBSI sempat memiliki kekhawatiran terhadap keberangkatan Pitha ke BWF World Tour Finals 2022.

Rionny Mainaky kemudian memberi penjelasan terkait situasi Rinov Rivadly/Pitha Haningtyas yang nyaris mundur dari ajang bergengsi akhir tahun tersebut. Ia mengungkapkan Pitha Haningtyas sempat mengalami masalah di tulang ekor yang saat ini kondisinya sudah membaik.

Follow Berita Okezone di Google News

"Pas latihan dia ada di bagian tulang ekornya (bermasalah). Tapi dicek fisioterapinya enggak ada masalah, dua hari perlu istirahat saja. Karena mungkin terlalu berat atau apa kemarin. Saya pernah juga, itu enggak lama. Tapi itu sudah oke," ungkap Rionny kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia.

Rinov/Pitha

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak membuat PBSI merasa khawatir. Sebab, jika nantinya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mundur, penggantinya sudah dipastikan adalah pasangan Indonesia lainnya Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

"Dua hari atau tiga hari lalu kan (Pitha) sempat cek ke fisio. Kalau ternyata dia enggak bisa kita masih untung, karena pengganti dari kita juga. Tapi karena dia (Pitha) siap ya dia. (Rehan/Lisa) kita batalkan," tambahnya.

Untuk diketahui, Rehan Naufal/Lisa Ayu langsung melejit ke posisi 10 dalam daftar ranking World Tour Finals 2022. Pencapaian apik itu tidak lepas dari prestasinya di dua turnamen Eropa yakni juara Hylo Open dan semifinalis French Open 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini