Share

Ini Strategi Jonatan Christie untuk Main Sistem Round Robin di BWF World Tour Finals 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 40 2718253 ini-strategi-jonatan-christie-untuk-main-sistem-round-robin-di-bwf-world-tour-finals-2022-bcc2aRDacn.jpg Jonatan Christie bersiap tampil di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: Andhika Khoirul Huda/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, terus mempersiapkan diri guna berlaga di BWF World Tour Finals 2022. Dia pun punya strategi khusus untuk main dengan sistem round robin di ajang itu.

Menurut Jonatan, dua pertandingan awal di fase grup BWF World Tour Finals 2022 akan sangat menentukan. Alhasil, dirinya harus menjaga fokusnya dengan baik.

Jonatan Christie

Ya, Jojo –sapaan Jonatan- merupakan satu dari tujuh wakil Tim Merah Putih yang mentas di BWF World Tour Finals 2022. Ajang itu akan berlangsung pada 7-11 Desember 2022 di Bangkok, Thailand.

Ini merupakan kedua kalinya bagi Jonatan tampil di turnamen penutup tahun tersebut. Sebelumnya, peraih medali emas Asian Games 2018 itu melakoni debutnya pada edisi 2019.

Berbeda dengan turnamen World Tour lainnya yang menggunakan sistem gugur, BWF World Tour Finals menerapkan sistem round robin. Jadi, delapan peserta akan dibagi ke dalam dua grup.

BACA JUGA: Anthony Ginting Beberkan Lawan yang Paling Diwaspadainya di BWF World Tour Finals 2022

Artinya, empat pemain dari masing-masing grup bakal bertarung satu sama lain dalam tiga pertandingan. Mereka tidak langsung tersingkir jika menelan kekalahan di laga pertama.

Hal itu membuat pemain ranking lima dunia tersebut memiliki strategi khusus untuk menghadapi sistem tersebut di BWF World Tour Finals 2022. Jonatan bertekad fokus meraih hasil sebaik mungkin dalam dua pertandingan pertama yang menurutnya akan sangat menentukan.

Strategi itu disiapkannya berdasarkan pengalamannya di BWF World Tour Finals 2019. Kala itu, Jonatan diketahui tersingkir di fase grup.

BACA JUGA: Tampil di BWF World Tour Finals 2022, Jonatan Christie Beberkan Targetnya

“Ya, ada strategi main dengan sistem round robin. Soalnya pengalaman saya waktu terakhir main WTF itu pengalaman yang berharga sih menurut saya karena ketika match pertama saya menang, dan menangnya itu cukup meyakinkanlah, lawan Antonsen waktu itu yang notabenenya dia ada di ranking tiga atau empat World Tour saat itu, jadi cukup percaya diri,” kata Jonatan kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu, 23 November 2022.

“Tapi, ketika round robin kita enggak boleh hanya cukup menang satu kali karena semuanya itu masih bisa kejadian dan akhirnya ya kalah sama Wang Tzu wei, kalah sama Momota, jadinya malah enggak lolos,” sambungnya.

“Akhirnya malah Wang Tzu Wei yang lolos walaupun tadinya pertamanya dia kalah terus kemudian dua pertandingan terakhir bisa ngejar,” tambahnya.

“Itu yang mungkin harus diantisipasi karena sistem di grup ini menang kalah di babak awal itu cukup penting, tapi memang satu dua pertandingan awal itu memang harus dijaga fokusnya,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Di BWF World Tour Finals 2022, Jonatan akan ditemani oleh Anthony Sinisuka Ginting, yang juga lolos setelah menempati ranking ke-7 dalam peringkat World Tour 2022. Mereka berdua bakal bersaing dengan enam pemain terbaik lainnya tahun ini.

Pebulu tangkis yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022 adalah Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Taiwan), Prannoy H.S. (India), Kodai Naraoka (Jepang), Lu Guang Zu (China), dan Loh Kean Yew (Singapura).

Jonatan Christie

Namun, untuk saat ini, delapan competitor di BWF World Tour Finals 2022 itu masih belum diketahui akan tergabung di grup mana. Sebab, pengundiannya belum dilakukan.

Yang jelas, ada peluang dua wakil Indonesia tersebut bisa berada di grup yang sama karena faktor peringkat World Tour mereka tahun ini. Jonatan diketahui berada di tempat ke-4, sedangkan Ginting ada di posisi ke-7.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini