Share

2 Ganda Campuran Indonesia yang Pernah Tempati Ranking 1 BWF

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 40 2663844 2-ganda-campuran-indonesia-yang-pernah-tempati-ranking-1-bwf-ZdJVKH13EI.jpg Berikut 2 ganda campuran Indonesia yang pernah tempati ranking BWF (Foto: Laman resmi BWF)

ADA dua ganda campuran Indonesia yang pernah tempati ranking satu BWF. Sekadar diketahui, persaingan bulu tangkis di nomor ganda campuran sangat ketat.

China, jadi salah satu negara yang sulit dikalahkan di sektor ganda campuran. Bahkan, pada 1987 silam, dominasi China benar-benar menggila. Mereka mampu meraup medai emas di setiap kejuaraan di segala sektor.

Hal itu yang membuat utusan Indonesia kesulitan mengalahkan wakil China. Namun ternyata, ada dua ganda campuran Indonesia jempolan, yang bisa memutus dominasi China hingga menempati ranking satu BWF. Lantas, siapa ganda campuran yang dimaksud?

Berikut 2 ganda campuran Indonesia yang pernah tempati ranking satu BWF

2. Liliyana Natsir/Nova Widianto

Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad

Pasangan Liliyana Natsir/Nova Widianto jadi salah satu ganda campuran yang mengerikan. Pasangan ini sukses meraih gelar juara dunia pada 2008. Mereka mengalahkan Xie Zhongbo/Zhang Yawen, wakil China pada partai final. Keduanya sering dipasangkan ketika bermain dalam ganda campuran.

Pertemuan pertama mereka yaitu pada laga Piala Sudirman tahun 2002. Selanjutnya Liliyana dan Nova kembali dipertemukan pada Piala Uber 2004 dan Olimpiade Beijing 2008.

1. Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad

Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad

Kejayaan Liliyana Natsir juga berlanjut ketika dipasangkan dengan Tontowi Ahmad. Setelah dipertemukan pada 2010, puncak kejayaan keduanya terjadi pada 2018. Ketika itu, BWF mengumumkan nama Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad berhasil tembus peringkat pertama BWF.

Walau kiprah mereka di Asian Games kerapp gagal membawa Indonesia meraih kemenangan, namun chemistry keduanya terlihat sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan torehan medali emas dari Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad di Olimpiade 2016.

Demikian 2 ganda campuran Indonesia yang pernah tempati ranking 1 BWF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini