Share

MotoGP Austria 2022: Usai Dirombak pada Bagian Tikungan, Para Pembalap Bakal Dapat Tantangan Baru di Sirkuit Red Bull Ring

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 38 2648073 motogp-austria-2022-usai-dirombak-pada-bagian-tikungan-para-pembalap-bakal-dapat-tantangan-baru-di-sirkuit-red-bull-ring-ai5nxSs42S.jpg Sirkuit Red Bull Ring, venue MotoGP Austria 2022 (Foto: MotoGP)

JELANG rangkaian MotoGP Austria 2022, yang berlangsung pada 19-21 Agustus 2022, Sirkuit Red Bull Ring tengah mendapat sorotan publik. Hal itu disebabkan adanya perombakan pada bagian tikungan S (Chicane), yang akan jadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Seperti diketahui sebelumnya, Chicane ini dibuat berdasarkan banyaknya permintaan perbaikan untuk tikungan dua Sirkuit Red Bull Ring ini. Sebab, pada MotoGP 2020 lalu, terjadi kecelakaan mengerikan yang melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco.

Sirkuit Red Bull Ring

(Penampakan Sirkuit Red Bull Ring usai dirombak pada bagian tikungan)

Akhirnya pihak FIM, Dorna Sports, dan FIA (untuk F1) berkoordinasi menciptakan Chicane untuk memengaruhi kecepatan dan pengereman pembalap ketika memasuki tikungan 3. Tujuannya tentu agar pembalap lebih aman.

Pengerjaan Chicane ini dimulai sejak November 2021 hingga Maret 2022 lalu. Total Panjang dari Chicane ini sejauh 30 meter lebih. Bukan hanya MotoGP, chicane ini bisa dimanfaatkan untuk balapan Formula One (F1).

Dengan adanya chicane ini para pembalap MotoGP menyambut baik. Sebab berdasarkan keterangan sang arsitek yang memimpin, Hermann Tilke, tim renovasi telah memperhitungkan kecepatan serta area run-off dan fasilitas keselamatan balap lain.

Dengan adanya Chicane ini, menarik melihat persaingan antara para pembalap Ducati dan Yamaha. Sebab, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang selama ini menjadi penguasa sirkuit ini bisa saja terkalahkan oleh sang juara bertahan, Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy).

Seperti diketahui, top speed menjadi kelemahan Yamaha YZR-M1 milik Fabio Quartararo dan pembalap Yamaha lainnya. Artinya semakin bertambahnya trek lurus panjang, mereka makin kesulitan. Dengan adanya chicane ini, mereka bisa memanfaatkannya untuk mengambil kecepatan.

Sirkuit Red Bull Ring

Tak hanya soal keselamatan dan persaingan, kebaruan lain di sirkuit Red Bull Ring ini juga merambah ke dunia hiburan. Berdasarkan laman Motosan, para pembalap MotoGP bisa menghadiri fasilitas dengan tema “MotoGP Bike City”.

Di sini, Fabio Quartararo dan pembalap lainnya akan menikmati pertunjukan akrobat seperti “Flying Bulls” secara langsung. Ini adalah inisiatif penyelenggara dalam bentuk menyambut para pembalap setelah liburan musim panas kemarin.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini