Share

Manfaat Unik Muay Thai untuk Wanita: Bisa Lancarkan Haid

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 43 2639194 manfaat-unik-muay-thai-untuk-wanita-bisa-lancarkan-haid-DNRMPv1cXO.jpg Manfaat Muay Thai untuk Wanita dibahas di Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Bela diri muay thai memiliki segudang manfaat, baik untuk pria maupun wanita. Untuk wanita, ternyata ada manfaat muay thai yang mungkin tidak terpikirkan.

Selain untuk membela diri ketika menghadapi kejahatan jalanan, muay thai bisa dijadikan metode untuk menjaga pola hidup disiplin dan memperlancar haid bagi wanita. Fakta itu sepertinya belum banyak diketahui oleh para wanita.

Ipung Purwanto dan Suratno (Foto: MNC Media)

Muay thai merupakan salah satu olahraga yang amat digandrungi. Bagaimana tidak? Olahraga yang berasal dari Thailand itu memiliki segudang manfaat.

Salah satu manfaatnya adalah melatih pola hidup disiplin. Menurut instruktur muay thai profesional, Ipung Purwanto, pegiat muay thai diharuskan menjaga pola makan dan tidur.

“Mau latihan harus pola makan dan tidurnya bagus. Kalo engga, nanti dia baru sebentar saja sudah pusing,” kata Ipung dalam podcast Aksi Nyata, Sabtu (30/7/2022).

“Ada juga member saya yang kalo tidur jam dua dini hari, yah, saya bilang gak akan bisa fit ini. Saya catet aja, dia bilang ‘Maaf saya kurang tidur,’ yaudah gak akan bener ini,” tambahnya.

“Manfaat lain mungkin bisa jadi juga ngilangin stres abis pulang kantor, bisa juga tidur lebih nyenyak karena capek, jadi tidur lebih teratur,” sambungnya lagi.

Instruktur profesional lain, Suratno, bahkan mengungkapkan hal yang tak kalah menarik. Pria yang akrab disapa Eno itu mengatakan, bahwa muay thai bisa memperlancar haid.

Ipung Purwanto dan Suratno (Foto: MNC Media)

Eno mencontohkan kasus saat dirinya menangani salah satu anggota sasana muay thai-nya. Saat itu, Eno menceritaka,n bahwa ada wanita yang haidnya lancar hanya dalam satu hari berkat memulai latihan muay thai.

“Saya ada satu member, dia lagi haid, pertama males malesan pasti, baru hari pertama, akhirnya kita pelan pelan aja, akhirnya udah beres latihan, sehari doang, besoknya udah lancar lagi haidnya,” ungkap Eno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini