Share

Marc Marquez Belum Pernah Naik Podium di MotoGP 2022, Dinilai Sudah Tidak Sekuat Dulu

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 01:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 38 2596798 marc-marquez-belum-pernah-naik-podium-di-motogp-2022-dinilai-sudah-tidak-sekuat-dulu-iSaAaEX3CR.jpg Marc Marquez kala mentas di MotoGP. (Foto: MotoGP)

BORGO PANIGALE – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, belum pernah naik podium di MotoGP 2022. Kondisi ini pun menjadi sorotan hingga Marc Marquez dianggap sudah sekuat dulu.

Hal ini disampaikan oleh eks pelatih Marquez, Cristian Gabarrini. Sejak sukses meraih gelar juara dunia pertamanya pada 2013, dominasi Marquez memang sangat sulit untuk dibendung oleh pembalap lain.

Marc Marquez

Namun, kecelakaan hebat yang dialami Marquez pada 2020 membuatnya cukup kesulitan untuk bisa kembali menunjukkan performa terbaiknya. Setelahnya, Marquez pun juga sempat beberapa kali cedera.

BACA JUGA: Marc Marquez dan Pol Espargaro Tampil Buruk di MotoGP Prancis 2022, Alberto Puig Marah-Marah

Kondisi fisik yang kurang baik membuatnya absen di sebagian seri balapan musim 2021 dan 2022. Gabarrini pun merasa serangkaian kecelakaan tersebut membuat Marquez sedikit kesulitan untuk mengembalikan kemampuannya.

BACA JUGA: Marc Marquez Tak Mampu Tembus 3 Besar di MotoGP Prancis 2022, Honda Langsung Cari Solusi

"Saya berada di sisinya ketika dia memenangkan kejuaraan pertamanya pada tahun 2013. Sejujurnya, saya hanya bisa mengatakan bahwa saya merasakan banyak hal untuknya, untuk semua cedera yang terjadi kepadanya," ujar Gabarrini, dilansir dari Motosan, Jumat (20/5/2022).

"Setelah itu, sulit untuk mengatakan apa pun karena saya tidak tahu. Bukan apa yang terjadi di sekelilingnya. Dari luar, tidak mungkin untuk mengatakan apa-apa," imbuhnya.

Meski begitu, Gabarrini menilai Marquez selalu berusaha untuk beradaptasi dengan situasinya saat ini. Walau Marquez gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya, pembalap berusia 29 tahun itu dinilai tetap memiliki sikap layaknya seorang juara.

Marc Marquez

“Saya melihat dia telah mengubah gaya mengemudinya untuk beradaptasi. Saya tidak tahu apakah dia menyesuaikan cara mengemudinya dengan motor barunya, atau apakah kondisi fisiknya memaksanya mengemudi dengan cara yang berbeda," sambungnya.

"Saya tidak bisa mengatakan lebih dari apa yang saya lihat ketika dia di trek. Jika Marc begitu kuat, bagi saya, itu karena dia selalu memiliki sikap ini. Bagaimanapun, dia telah memenangkan delapan kejuaraan dunia," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini