Share

Ganggu Laju Fabio Quartararo di Kualifikasi MotoGP Argentina 2022, Jack Miller Kena Penalti

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 03 38 2572287 dianggap-ganggu-laju-fabio-quartararo-di-kualifikasi-motogp-argentina-2022-jack-miller-terancam-kena-penalti-iiOmtNycdZ.jpg Jack Miller vs Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

TERMAS DE RIO HONDO - Pembalap Tim Ducati Lenovo, Jack Miller dianggap sengaja menganggu laju Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di Kualifikasi MotoGP Argentina 2022. Gara-gara hal tersebut Miller pun terkena penalti mundur tiga dari posisi 11 yang ia raih dari sesi kualifikasi tersebut.

Melintas di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Minggu (3/4/2022) dini hari WIB, kedua pembalap mengakhiri sesi ini dengan kurang memuaskan. Meski sama-sama tembus ke kualifikasi dua (Q2), Quartararo berakhir di posisi keenam dan Miller ke-11.

Menariknya ada insiden terjadi di pertengahan Q2, di mana Miller kehilangan bagian depan motornya di tikungan pertama. Saat itu, catatan waktunya berada di urutan kedua di belakang, Aleix Espargaro yang mampu merebut pole position.

Jack Miller

Usai insiden itu, Miller kembali ke trek menggunakan motor cadangannya. Namun ketika keluar dari area pit line, dia dinilai menahan laju Quartararo yang ada di belakangnya.

Stewards yang menyelidiki insiden ini pun menghukum Miller sebanyak tiga posisi. Jadi, di sesi balapan besok, dia akan start dari baris ke-14.

“Pembalap #MotoGP #43 @jackmilleraus telah diberikan penalti tiga posisi grid untuk balapan besok karena mengendarai dengan lambat di jalur dan mengganggu pengendara lain saat masuk Tikungan 7 di Q2,” tulis akun Twitter resmi MotoGP.

Adapun gambaran keseluruhan sesi kualifikasi ini di antaranya pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro yang berada di peringkat teratas Q1 harus turun ke peringkat keempat. Sementara sang kakak, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) meraih pole position.

Kemudian di peringkat kedua ada pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin kemudian diikuti jagoan tim VR46, Luca Marini. Mereka terpaut 0,1 hingga 0,5 detik di belakang Aleix Espargaro.

Fabio Quartararo

Rekan Aleix di Aprilia, Maverick Vinales berada di posisi kelima. Sementara duo pembalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir akan berbaris ketujuh dan kedelapan di grid.

Berakhirnya sesi kualifikasi menandakan akhir dari rangkaian panjang dan padat hari ini setelah perubahan jadwal. Sesi balapan resmi akan berlangsung besok malam WIB.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini