5 Kasus Pelecehan Seksual yang Libatkan Atlet, Nomor 1 Mantan Pemain Timnas Indonesia

Andin Danaryati, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 43 2502471 5-kasus-pelecahan-seksual-yang-libatkan-atlet-nomor-1-mantan-pemain-timnas-indonesia-kDQPzELpuH.jpg Yudha Febrian, mantan pemain Timnas Indonesia yang sempat tersandung kasus dugaan pelecehan seksual. (Foto: PSSI)

KASUS pelecahan seksual bisa terjadi di mana pun dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Termasuk di dunia olahraga. Beberapa atlet pernah mengalami tindak kejahatan seksual yang tentu saja sangat disayangkan hal tersebut dapat terjadi.

Beberapa atlet juga pernah ada yang menjadi korban dari tindak kejahatan seksual. Hal itu berarti masalah pelecahan seksual benar-benar tidak bisa dibiarkan begitu saja. Lantas siapa saja atlet dunia, termasuk di Indonesia, yang pernah terlibat dengan kasus pelecehan seksual?

Berikut 5 Kasus Pelecahan Seksual yang Libatkan Atlet:

5. Atlet Asal Irlandia Diduga Terlibat Pelecehan Seksual

Ilustrasi pelechan seksual

Atlet kenamaan asal Irlandia dikabarkan terlibat dalam kasus pelecehan seksual yang terjadi pada Jumat 11 Oktober 2019 di Dublin. Melansir Sindonews, kejadian ini dikabarkan terjadi pada pukul 21.00 waktu setempat.

Seorang wanita melapor pada pihak kepolisian terkait dengan pelecehan seksual yang dialaminya. Selain kasus ini, atlet yang namanya tidak diketahui ini pernah diselidiki atas kasus dugaan pemerkosaan terhadap wanita yang telah menikah di kota yang sama, Desember 2018.

4. Bunuh Diri Setelah Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual

Ilustrasi pelechan seksual

Seorang mantan pelatih senam Olimpiade Amerika Serikat berinisial JG (63) diketahui melakukan praktik bunuh diri setelah dituduh melakukan pelecehan manusia dan perdagangan manusia. Insiden nahas ini terjadi pada Kamis 25 Februari 2201. Mengutip iNews, JG diketahui menembak kepalanya sendiri hingga tewas. Namanya bersinar karena berhasil meraih medali emas di Olimpiade 2012.

Pengadilan Michigan menyebutkan bahwa JG telah didakwa dengan berbagai macam kejahatan, di antaranya 20 tuduhan berupa perdagangan manusia, pelecehan seksual, bisnis ilegal, dan tindak kebohongan pada polisi.

Kejaksaan menilai, JG menggunakan reputasinya sebagai pelatih olimpiade dan berjanji akan membawa atlet binaannya ke kelas dunia. Ia juga acapkali mengabaikan masukan dari dokter medis.

3. Atlet Anggar

Ilustrasi pelechan seksual

Melansir dari berbagai sumber, seorang atlet anggar yang ikut ambil bagian pada Olimpiade Tokyo 2020 tersandung kasus pelecehan seksual. Atlet asal Amerika Serikat berinisial AH (29) ini diselidiki atas tiga tuduhan pelecehan seksual.

Awalnya, AH diskors dari pertandingan internasional. Namun, ia diizinkan ikut bertanding setelah mengajukan banding.

Sebagai kompensasi atas keikutsertaannya, AH dipisahkan dari atlet perempuan. Ia terbang dengan pesawat yang terpisah dengan timnya dan tidak dapat berlatih dengan rekan perempuannya.

2. Atlet Berkuda Sekaligus Mantan Aktor Drama

Ilustrasi pelechan seksual

KS, atlet berkuda asal Korea Selatan sekaligus mantan aktor drama, dilaporkan terlibat kasus pelecehan seksual. Pada Selasa 23 Februari 2021, ia ditangkap oleh pihak kepolisian Gyeonggi atas tuduhan kekerasan seksual kepada mantan kekasihnya sendiri.

Korban, yang merupakan kekasih KS, mengaku bahwa terdakwa telah mengambil foto dan video telanjangnya secara diam-diam pada pertengahan Juli 2020. KS kemudian mengancam akan menyebarluaskan foto tersebut pada keluarga dan temannya jika tidak mau menemuinya.

Selain itu, ia juga dikabarkan melakukan tindak pemerasan pada korban dengan nominal mencapai 140 juta won atau sekitar Rp 1,7 miliar hingga Desember 2020.

1. Mantan Anggota Timnas Indonesia

Yudha Febrian

Seorang mantan pemain Timnas Indonesia U-19 berinisial YF diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap seorang wanita pada Mei 2021 lalu. Kasus ini berawal dari salah seorang pengguna Twitter yang menceritakan kisah pelecehan tersebut.

Dalam cuitan tersebut, korban mengatakan bahwa masalah ini muncul setelah YF keluar dari Timnas Indonesia U-19. Keluarnya YF dari timnas karena ia kedapatan melanggar aturan dengan mengunjungi kelab malam di saat pemusatan latihan.

Melansir berbagai sumber, yang bersangkutan telah mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maaf melalui video yang diunggahnya di media sosial Twitter.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini