Share

Soal Kualitas Sirkuit Mandalika, Direktur Utama MGPA: Bisa Jadi Salah Satu Lintasan MotoGP Terbaik di Dunia

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 38 2464595 soal-kualitas-sirkuit-mandalika-direktur-utama-mgpa-bisa-jadi-salah-satu-lintasan-terbaik-di-dunia-BC0hLsGFgV.jpg Sirkuit Mandalika (Foto: MotoGP)

JAKARTA - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, optimistis dengan kualitas Sirkuit Mandalika. Dia yakin Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lintasan terbaik di dunia.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika sendiri memiliki konsep lintasan jalan raya. Hal itu dianggap cukup aneh karena selama ini lintasan jalan raya dijauhi oleh pembalap karena cenderung berisiko.

Sirkuit Mandalika hampir selesai (Foto: Instagram/@themandalikagp)

Namun, tidak demikian dengan Sirkuit Mandalika. Ricky bahkan menilai nantinya para pembalap akan menyukai Sirkuit Mandalika begitu menjajal langsung lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan tersebut.

BACA JUGA: Bikin Bangga, Sirkuit Mandalika Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2022

“MGPA telah menjalani perjalanan yang panjang. Dorna selalu bersama kami sepanjang proses dalam membangun yang kemungkinan menjadi salah satu lintasan terbaik di dunia,” kata Ricky kepada media, Rabu (1/9/2021).

“Pada akhirnya, ini adalah sirkuit jalan raya. Konsep ini di MotoGP biasanya sulit dijalankan. Tidak hanya membangun sirkuit, kami yakin bakal mendapat kepercayaan dari rider MotoGP. Hal itu sangat berarti bagi kami,” ujarnya.

Sirkuit Mandalika sendiri dikabarkan sudah rampung lebih dari 90 persen. Ricky mengakui kini pihaknya harus melengkapi aspek penunjang operasional, sebelum bisa menggelar balapan.

Sirkuit Mandalika hampir selesai (Foto: Twitter/@MotoGP)

“Pekerjaan utama dari sisi struktur sirkuit ini sudah selesai. Sekarang, kami harus fokus ke aspek operasional. Termasuk dalam mendatangkan petugas sirkuit dan tim medis, serta memastikan kami memiliki perlengkapan yang memadai,” tutur Ricky.

Sekadar informasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2021. Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah seri ke-13 yang akan berlangsung pada 12-14 November 2021.

Sementara itu, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi kejuaraan balap motor terelite, yaitu MotoGP pada musim 2022. Dengan demikian, pencinta MotoGP bisa menyaksikan aksi Marc Marquez (Repsol Honda) secara langsung pada tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini