Marc Marquez Pembalap Terbaik dalam Sejarah, Aleix Espargaro: Dia "Binatang"

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 38 2438059 marc-marquez-pembalap-terbaik-dalam-sejarah-aleix-espargaro-dia-binatang-dQWDbLC0wE.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

GRANOLLERS – Pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, sangat mengaggumi kemampuan Marc Marquez (Repsol Honda). Dia pun tidak ragu untuk menyebut Marquez pembalap terbaik dalam sejarah, bahkan di antara para legenda MotoGP.

Marquez layak disebut pembalap terbaik jika menilik sepak terjangnya. Sejak terjun ke dunia balap profesional pada 2008 silam, The Baby Alien -julukan Marquez- telah unjuk gigi.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Marquez meraih gelar juara Moto3 2010, lalu naik kelas ke Moto2 pada musim berikutnya. Selama dua tahun berkompetisi di Moto2, Marquez mampu meraih gelar juara pada musim 2012.

Marquez pun naik kelas ke MotoGP pada 2013 dengan menjadi pembalap Honda. Marquez pun mencatatkan sejarah dengan menjadi pembalap pertama yang menjuarai MotoGP pada musim debutnya.

BACA JUGA: Marc Marquez: Jalannya Masih Panjang untuk Jadi Sehebat Dulu

Setelah itu, Marquez mendominasi MotoGP dengan juara pada musim 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Secara keseluruhan, pembalap Spanyol itu memiliki delapan gelar juara dunia.

Aleix tahu para legenda, seperti Giacomo Agostini (15 gelar juara), Angel Nieto (13 gelar juara), dan Valentino Rossi (sembilan gelar juara), lebih sering menjadi pembalap terbaik dalam kejuaraan ketimbang Marquez. Akan tetapi, dia tetap menyebut Marquez terbaik karena meraih gelar juara dengan level kejuaraan dan lawan yang lebih sulit.

“Marc Marquez adalah seorang bintang. Pembalap terbaik dalam sejarah,” kata Aleix, dikutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (9/7/2021).

“Meskipun Valentino adalah idola saya sejak saya masih kecil. Agostini telah memenangkan lebih banyak gelar daripada dia (Marquez). Angel Nieto pun begitu. Akan tetapi, jika kita tetap tenang dan menganalisis semua pembalap ini dengan baik, Marc Marquez harus mengalahkan rival yang jauh lebih kuat, itu cerita lain,” ucap pembalap asal Spanyol itu.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

“Marc telah memenangkan delapan kejuaraan (dalam kurun waktu 14 tahun), Valentino tidak. Jadi, bagi saya, dia adalah yang terkuat dari semuanya,” tuturnya.

Marquez berusaha menemukan performa terbaiknya di MotoGP 2021 setelah kecelakaan parah pada musim lalu. Akan tetapi, perlahan-lahan pembalap 28 tahun itu mulai menjadi dirinya di masa lalu dalam beberapa balapan terakhir ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini