Pol Espargaro: Sering Salah Itu Bagus untuk Pahami Karakter Motor Honda

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 38 2436622 pol-espargaro-justru-merasa-sering-salah-itu-bagus-untuk-pahami-karatker-motor-honda-F8P2fFbwhh.jpg Pol Espargaro (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Pol Espargaro memberikan komentar soal proses adaptasinya bersama Tim Repsol Honda. Espargaro berujar bahwa banyak salah justru membuat dirinya semakin memahami karakter motor Tim Honda, yakni RC213V.

Sebagaimana diketahui, Espargaro memang dipastikan bakal membela Tim Honda di MotoGP 2021. Ya, manajemen Tim Honda memilih merekrut Espargaro guna menggantikan peran Alex Marquez yang gagal memenuhi ekspektasi.

Keputusan Tim Honda kepada Espargaro memang bisa dikatakan cukup masuk akal. Terlebih dengan apa yang sudah dikerjakan oleh Polyccio –julukan Pol– bersama Tim KTM Red Bull dalam beberapa musim terakhirnya di MotoGP.

Pol Espargaro

Tim Honda sendiri semakin merasa yakin akan keputusan mereka merekrut Espargaro setelah sang pembalap berhasil tampil memukau di tes pramusim MotoGP 2021. Ya, dalam tes tersebut Espargaro mampu mencuri perhatian dengan tampil kompetitif.

Akan tetapi, performa apik Espargaro di tes pramusim tidak terlihat kala dirinya menjalani empat seri perdana MotoGP 2021. Ya, dalam delapan balapan yang sudah berlalu sejauh ini, Espargaro masih belum mampu mengklaim posisi lima besar.

Baca Juga: Tertinggal 14 Detik dari Marc Marquez di MotoGP Jerman 2021, Pol Espargaro Kecewa Berat

Meski begitu, Espargaro merasa bahwa proses adaptasinya bersama Tim Honda sebenarnya berjalan mulus. Sebab dia merasa bahwa dengan banyak kesalahan justru akan lebih mengenal karakter motor Tim Honda.

“Tentu saya masih sering kaget soal performa motor saya, namun itu normal. Kami belum menjalani banyak balapan, masih menjalani setengah musim, dan kami tak menjalani masa pramusim yang ideal, sekadar berkendara dalam lima hari uji coba,” jelas Espargaro, seperti disadur dari AS, Rabu (7/7/2021).

“Bagi saya, tiap uji coba adalah kemajuan besar, dan pengetahuan saya juga makin banyak. Tiap kali mengendarai motor di sirkuit berbeda dengan ban berbeda pula, saya juga makin paham dan banyak belajar,” sambungnya.

“Motor ini tidaklah mudah, seperti pabrikan yang lainnya, dan Anda harus ngotot mencari batasan performa pada setiap lap. Untuk melakukannya, Anda harus memahami motor Anda dengan sangat baik, harus paham bahwa paket motor Anda adalah yang terbaik dan Anda punya setup yang tepat.”

Pol Espargaro

“Pada saat ini, saya memang kerap melakukan kesalahan saat ambil keputusan atau pada saat memilih ban. Saya terjatuh pada momen-momen yang tak semestinya, atau saat tidak terlalu agresif.”

Baca Juga: Kecelakaan seperti Marc Marquez, Pol Espargaro Tetap Senang dengan Kinerja Motor

“Akan tetapi melakukan kesalahan adalah hal yang normal dalam proses belajar. Hasil balap yang baik memang belum tercapai, namun kami terbukti mampu melajuu dengan cepat,” tuntas pembalap berusia 29 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini