Valentino Rossi Telah Ukir Sejarah di MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 38 2430575 valentino-rossi-telah-ukir-sejarah-di-motogp-vLS30XfXEB.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

GENOVA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, makin dekat ke akhir kariernya. Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai Rossi telah mengukir sejarah dengan prestasinya di MotoGP.

Rossi adalah legenda hidup MotoGP. Sayangnya, pembalap 42 tahun itu tidak mampu bersaing dengan para pembalap muda dalam beberapa musim terakhir ini. Keterpurukan Rossi makin terlihat di MotoGP 2021.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Sekadar informasi, Rossi baru mengumpulkan 17 poin sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara. Teranyar, Rossi finis ke-14 dalam balapan MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021.

Keterpurukan menandakan akhir karier The Doctor -julukan Rossi- makin dekat. Jika pensiun, Rossi akan mundur dari dunia balap dengan kepala tegak.

BACA JUGA: Enggan Pensiun, Valentino Rossi Justru Pengen Banget Bangkit di MotoGP Belanda 2021

Bagaimana tidak, Rossi merupakan salah satu pembalap dengan koleksi gelar juara dunia terbanyak, yaitu sembilan. Sebanyak tujuh gelar juara dunia diraih Rossi di MotoGP yang merupakan balapan motor terelite.

“Dia (Rossi) membawa kami ke puncak yang sangat tinggi di kejuaraan dunia dengan kekuatannya, simpatinya, caranya berkomunikasi,” kata Pernat, dikutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (25/6/2021).

“Lalu, langkah dia sekarang dengan Aramco adalah sesuatu yang bahkan tidak dilakukan oleh tim pabrikan, jadi dia (mungkin) telah memenangkan gelar juara untuk manajer tim, belum lagi VR46 dengan dua gelar juara dunia, sekelilingnya itu luar biasa,” tuturnya.

Selanjutnya, Rossi telah ditunggu balapan berikutnya, MotoGP Belanda 2021. Balapan seri kesembilan itu akan berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu 27 Juni 2021, malam WIB.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Sekadar informasi, Rossi punya kenangan indah di Sirkuti Assen. Pembalap Italia itu sudah tiga kali memenangkan balapan di sana. Torehan itu membuat Rossi menjadi pembalap yang paling sering memenangkan balapan seri Belanda.

Kemenangan terakhir Rossi di Sirkuit Assen terjadi dalam balapan MotoGP Belanda 2017. Kemenangan itu sekaligus menjadi yang terakhir bagi Rossi sebelum terpuruk.

Rossi diharapkan mampu mengulang catatan manis pada 2017 silam dalam balapan MotoGP Belanda 2021. Meski sulit, Rossi tetap memiliki peluang untuk membuat kejutan pada akhir pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini