Start Terdepan, Jorge Martin Tak Yakin Menangi MotoGP Doha 2021

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 38 2388982 start-terdepan-jorge-martin-tak-yakin-menangi-motogp-doha-2021-ckK6zmtUR3.jpg Jorge Martin disambut krunya (Foto: MotoGP)

LOSAIL – Prestasi fenomenal dicatatkan Jorge Martin pada Kualifikasi MotoGP Doha 2021, Minggu (4/4/2021) dini hari WIB, dengan meraih pole position. Namun, Pembalap Tim Pramac Ducati tersebut tidak yakin bakal memenangi lomba di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Senin 5 April 2021 dini hari WIB.

Tanda-tanda Jorge Martin bakal meraih posisi start terdepan sudah terlihat sejak awal babak kedua kualifikasi. Pembalap bernomor motor 89 itu membukukan waktu tercepat 1 menit 53,597 detik. Hingga pertengahan babak kualifikasi, tidak ada yang mampu melewati catatan itu.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Doha 2021: Jorge Martin Start Terdepan, Valentino Rossi Tempati Baris Belakang

Maverick Vinales kemudian mengasapi Jorge Martin dengan menorehkan waktu tercepat 1 menit 53,383 detik pada menit-menit terakhir. Sang pendatang baru lantas memberikan perlawanan pada percobaan terakhirnya.

Aksi Jorge Martin (Foto: MotoGP)

Jorge Martin kemudian mampu mecetak waktu satu putaran tercepat 1 menit 53,106 detik sekaligus menajamkan perolehan sebelumnya. Alhasil, pembalap asal Spanyol itu berhak menempati posisi start terdepan pada balapan MotoGP Doha 2021.

Baca juga: Morbidelli Waspadai Para Pembalap Ducati di Kualifikasi MotoGP Doha 2021

Tentu saja, Jorge Martin tidak menyangka bakal menorehkan pole position pada balapan keduanya di kelas MotoGP. Pembalap berjuluk Martinator itu mengaku hanya menargetkan start dari posisi empat atau lima.

“Tentu saja, saya tidak menyangka akan mendapat pole position. Saya hanya berharap memulai balapan dari posisi empat atau paling tidak lima,” terang Jorge Martin selepas kualifikasi, dikutip dari Motorsport, Minggu (4/4/2021).

Start terdepan jelas memperbesar peluangnya meraih kemenangan. Akan tetapi, pembalap berusia 23 tahun itu tidak memasang target muluk-muluk. Ia hanya ingin bersaing di jajaran enam besar saja.

“Ini jelas hebat. Namun, besok adalah hari lain untuk belajar. Tentu saja, itu tidak akan menjadi hari kemenangan saya,” tutur Jorge Martin.

“Jika kami bisa bertarung di enam besar saja, itu akan terasa hebat dan saya akan merasa sangat bahagia,” tukas pembalap kelahiran Madrid itu.

Jorge Martin menunjuk motornya (Foto: Twitter/@pramacracing)

Wajar bila Jorge Martin tidak membidik target tinggi pada balapan MotoGP Doha 2021. Sebab, ia ingin memperbaiki hasil yang diraihnya pekan lalu. Pada GP Qatar 2021, Martinator hanya mampu finis 15!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini