Hasil Tes Pramusim MotoGP 2021 Kurang Apik, Valentino Rossi Gagal Ulangi Sukses saat Bela Honda?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 38 2373729 hasil-tes-pramusim-motogp-2021-kurang-apik-valentino-rossi-gagal-ulangi-sukses-saat-bela-honda-kiRGOhsIuP.jpg Valentino Rossi saat diperkenalkan sebagai pembalap Petronas Yamaha SRT. (Foto: Instagram/@ValeYellow46)

VALENTINO Rossi gagal tampil apik di kesempatan pertama mentas bersama Tim Petronas Yamaha SRT. Tampil di tes pramusim MotoGP 2021 hari pertama yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada Sabtu 6 Maret 2021, The Doctor –julukan Valentino Rossi– hanya menempati posisi 14!

Valentino Rossi terpaut 0,897 atau hampir satu detik dari jagoan Aprilia, Aleix Espargaro, yang menempati posisi pertama. Apa respons Valentino Rossi setelah tercecer ke urutan ke-14 ketika mengaspal bersama tim satelit Yamaha tersebut?

Valentino Rossi

“M1 saya mengenakan baju yang berbeda. Hari pertama ini bagus, saya sangat menikmatinya. Ujung-ujungnya, tidak banyak perubahan karena motornya sama. Suasana di tim bagus,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Minggu (7/3/2021).

“Hasilnya tidak terlalu fantastis pada akhirnya, tapi saya tidak seburuk itu di siang hari,” lanjutnya.

Buruknya hasil yang didapat Valentino Rossi membuatnya gagal tampil kompetitif di MotoGP 2021? Apakah Valentino Rossi takkan sanggup mengulangi kesuksesan, layaknya saat membela tim satelit Honda pada 2000 dan 2001?

BACA JUGA: Sambut Petualangan Baru, Valentino Rossi: YZR-M1 Saya Pakai Baju Berbeda

Sekadar informasi, Valentino Rossi pernah mentas bersama tim satelit Honda, Nastro Azzurro pada 2000 dan 2001. Keputusan Honda menjadikan Valentino Rossi sebagai pembalap tim satelit membuahkan hasil luar biasa.

Valentino Rossi keluar sebagai runner-up kelas 500 cc musim 2000 setelah mengoleksi 209 angka! Ia terpaut 49 poin dari jagoan Suzuki asal Amerika Serikat, Kenny Roberts Jr, yang keluar sebagai juara dunia.

Valentino Rossi

Hal itu berarti, Valentino Rossi mengalahkan sejumlah rider pabrikan Honda saat itu, yakni Sete Gibernau dan Alex Criville. Saat itu, Criville hanya menempati posisi sembilan, sedangkan Gibernau terdampar di urutan 15 klasemen akhir kelas 500 cc.

Pencapaian yang lebih sensasional terjadi semusim berselang. Masih dengan motor yang sama, Valentino Rossi keluar sebagai juara dunia! Setelah melalui 16 race, Valentino Rossi mengemas 325 angka, unggul 116 poin dari Max Biaggi di posisi dua.

Di musim tersebut Valentino Rossi mengoleksi 11 kemenangan dengan total 13 kali naik podium. Meski berstatus tim satelit, motor Honda NSR500 yang dimiliki Valentino Rossi disinyalir memiliki kualitas setara dengan kuda besi pabrikan Honda saat itu, Repsol Honda.

BACA JUGA: Ini Kesan Pertama Valentino Rossi Mentas Bersama Petronas Yamaha SRT

Persamaan antara motor Nastro Azzuro Honda dan Repsol Honda meliputi mesin, sasis, rem dan lain-lain. Kondisi yang sama juga dialami Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha tahun ini. Meski membela tim satelit, Valentino Rossi diberikan motor tim pabrikan oleh Yamaha. Jadi, sanggupkah Valentino Rossi unjuk gigi di MotoGP 2021?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini