Bos Ducati Nilai Honda Sudah Sangat Bergantung kepada Marc Marquez

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 38 2338787 bos-ducati-nilai-honda-sudah-sangat-bergantung-kepada-marc-marquez-o8iBdmWru4.jpg Pembalap Honda, Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Tim Balap Honda gagal bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020. Penyebab utamanya adalah karena pembalap andalan mereka, Marc Marquez, mengalami cedera dan harus absen di sepanjang musim kompetisi.

Sementara itu, para pembalap Honda lainnya, seperti Alex Marquez, Takaaki Nakagami, dan Cal Crutchlow, tak ada yang mampu mengeluarkan potensi dari motor balap RC213V. Maka dari itu, Direktur Ducati, Paolo Ciabatti, menilai bahwa Honda sudah sangat bergantung kepada Marc Marquez.

Ciabatti tidak memungkiri bahwa Marquez adalah sosok pembalap yang luar biasa. Pada musim perdananya di kelas premier, yakni dalam gelaran MotoGP 2013, pembalap berjuluk The Baby Alien itu langsung tampil impresif dan menjadi juara dunia.

Baca juga: Fakta Unik Valentino Rossi Jelang Dimulainya MotoGP 2021

Marc Marquez

Tercatat, selama delapan musim berkiprah di pentas MotoGP, Marquez telah menjadi kampiun sebanyak enam kali. Kendati begitu, Ciabatti menyayangkan karena Honda hanya bergantung pada satu pembalap untuk meraih kesuksesan.

“Ketika Anda membawa Marc Marquez ke dalam permainan, kita berbicara tentang seorang pembalap yang luar biasa,” buka Ciabatti, sebagaimana dinukil dari Speedweek, Selasa (5/1/2021).

“Saya tidak ingin mengecewakan siapa pun di Honda. Tapi, saya pikir musim 2020 telah menunjukkan bahwa Marc Marquez telah membuat perbedaan besar di Honda selama bertahun-tahun,” lanjutnya.

“Di tahun 2020 Nakagami bisa dibilang adalah pembalap terbaik Honda. Alex Marquez jelas menunjukkan penampilan bagus di sepertiga terakhir musim, terutama di Aragon dia super kompetitif,” papar pria berpaspor Italia tersebut.

“Hal yang sama berlaku untuk Stefan Bradl, yang semakin kuat di akhir musim. Tapi tak bisa disangkal: Marc telah menjadi sosok kunci di tim kerja Honda selama enam atau tujuh tahun," pungkasnya.

Marc Marquez

Nahas bagi Honda, hingga saat ini kondisi Marquez masih belum pulih sepenuhnya. Bahkan, kakak kandung Alex Marquez itu diragukan untuk bisa ikut dalam tes pramusim MotoGP 2021 yang bakal berlangsung Februari mendatang.

Meski begitu, Honda juga tidak ingin mendesak Marquez. Bagi mereka, adalah hal terbaik jika Maruqez bisa menjalani masa pemulihannya tanpa tekanan. Karena, memaksa Marquez untuk segera kembali ke lintasan memiliki potensi akan membuat cederanya semakin parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini