Sebelum Bisa Ambil Risiko dalam Balapan, Marc Marquez Ogah Kembali

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 38 2322292 sebelum-bisa-ambil-risiko-dalam-balapan-marc-marquez-ogah-kembali-gvgx099iS2.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

MADRID – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menekankan tidak mau kembali balapan jika belum bisa mengambil risiko. Bagi Marquez, tidak masuk akan untuk balapan seadainya bermain aman sejak lap pertama hingga garis finis.

Marquez belum mengaspal sejak mengalami kecelakaan parah pada balapan pembuka musim 2020, MotoGP Spanyol 2020. Buah dari kecelakaan itu adalah lengan kanan Marquez patah sehingga dirinya absen panjang.

Marc Marquez (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

Marquez awalnya diprediksi kembali tampil pada balapan pamungkas musim ini, MotoGP Portugal 2020. Akan tetapi, The Baby Alien –julukan Marquez– memilih absen agar bisa tampil 100 persen di MotoGP 2021.

Agar proses pemulihan lebih cepat, operasi ketiga pun dijalani Marquez. Operasi itu dilakukan di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid, Spanyol, Jumat 4 Desember 2020.

BACA JUGA: Marc Marquez Akan Lebih Kuat saat Pulih dari Cedera

Marquez menerima pelat baru untuk menggantikan yang lama. Selain itu, ada pencangkokan tulang krista iliaka untuk mempercepat pertumbuhan tulang Marquez yang patah. Operasi selama delapan jam itu berjalan lancar sehingga Marquez telah memulai proses pemulihannya.

Proses pemulihan Marquez tidaklah sebentar. Pembalap asal Spanyol itu dikabarkan harus menepi lagi selama enam bulan agar pulih total. Marquez pun tidak mau terburu-buru kembali balapan sebelum bisa mengambil risiko, seperti waktu kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020.

“Tentu, saya akan kembali balapan di musim 2021 mendatang. Saya akan kembali ketika saya bisa mengambil risiko, seperti saat berlaga di MotoGP Spanyol 2020,” ujar Marquez, mengutip dari Motosan, Sabtu (5/12/2020).

"Jika saya tidak bisa mengambil risiko yang sama, terasa tidak masuk akal bagi saya untuk kembali balapan. Ketika saya balapan di bawah tekanan, saya bisa meminimalisir kesalahan. Akan tetapi, jika saya dalam tekanan yang berlebih, saya cenderung membuat banyak kesalahan,” ujarnya.

Marc Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

Jika Marquez absen selama enam bulan, siapa pembalap yang menggantikan posisinya pada awal musim depan? Ada kabar menyebutkan, bahwa mantan pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, yang akan mengisi tempat The Baby Alien.

Jika Honda ingin memiliki dua pembalap kuat saat Marquez absen, Dovizioso adalah jawabannya. Kombinasi Dovizioso dan Pol Espargaro akan memperbesar peluang Honda untuk meraih hasil apik dalam setiap balapan di musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini