Joan Mir Tidak Bisa Tandingi Marc Marquez

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 38 2320607 joan-mir-tidak-bisa-kalahkan-marc-marquez-RMDGiNLzmC.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

COVENTRY – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menjuarai MotoGP 2020. Mir pun disebut sebagai sosok yang bisa menandingi pembalap terkuat di kejuaraan dalam beberapa musim terakhir, Marc Marquez (Repsol Honda).

Namun, pembalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow, punya pemikiran berbeda. Crutchlow menilai pembalap yang bisa menandingi Marquez, adalah Jack Miller yang membela Mission Winnow Ducati pada musim depan.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Marquez pantas disebut pembalap terkuat jika menilik pada kariernya sejak debut di MotoGP pada musim 2013. The Baby Alien –julukan Marquez– langsung membuat sensasi dengan menjuarai MotoGP pada musim debutnya.

Marquez pun mencetak sejarah karena menjadi satu-satunya debutan yang langsung meraih gelar juara. Marquez melanjutkan kegemilangannya pada musim 2014 dengan kembali meraih gelar juara.

BACA JUGA: Soal Cedera Marquez, Vinales: Kondisinya Rumit!

Namun, The Baby Alien gagal mempertahankan gelar juara pada musim berikutnya. Marquez kalah saing dari Jorge Lorenzo. Setelah kegagalan itu, laju Marquez tidak terbendung oleh pembalap mana pun.

Selama empat musim beruntun dari 2016-2019, Marquez mendominasi MotoGP. Marquez baru kembali gagal meraih gelar juara MotoGP pada musim 2020 karena absen panjang akibat lengan kanannya patah.

Saat Marquez kembali balapan di MotoGP 2021, Crutchlow menilai Miller bisa menandinginya. Sebab, Miller memiliki bakat, kecepatan, dan kemampuan alami yang cukup untuk menyaingi The Baby Alien.

“Siapa yang bisa mengalahkan Marc (Marquez)? Jika Anda melihat keseluruhan grid, bakat, kecepatan, dan kemampuan alami mengendarai motor apapun, saya pikir Jack Miller adalah satu-satunya yang dapat menantang Marquez,” kata Crutchlow, menyadur dari Tutto Motori Web, Kamis (3/12/2020).

Jack Miller (Foto: Twitter/@pramacracing)

Potensi Miller menyaingi Marquez cukup besar karena musim depan didukung oleh tim pabrikan sekelas Ducati. Dukungan penuh dari Ducati akan menjadi salah satu senjata Miller untuk menaklukkan Marquez serta menjuarai MotoGP 2021.

Namun, skenario itu bisa terjadi jika motor Ducati, Desmosedici, lebih kompetitif ketimbang musim ini. Seandainya kualitas Desmosedici tidak meningkat, Miller akan kesulitan untuk bersaing dengan Marquez dan merebut gelar juara MotoGP dari Mir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini