Quartararo Yakin Yamaha Bangkit di MotoGP 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 38 2319165 quartararo-yakin-yamaha-bangkit-di-motogp-2021-gankBUvQ23.jpg Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANSFabio Quartararo bergabung ke Monster Energy Yamaha setelah naik kelas dari Petronas Yamaha SRT (tim satelit). Pembalap asal Prancis itu dikontrak selama dua tahun dan akan menjadi rekan setim, Maverick Vinales.

Tanggung jawab Quartararo pun menjadi lebih besar sebagai pembalap tim pabrikan. Tantangan pertama Quartararo adalah mengatasi performa motor Yamaha, YZR-M1, yang tidak kompetitif pada musim ini.

Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

Semua pembalap Yamaha yang menggunakan YZR-M1 edisi 2020 gagal bersinar pada musim ini. Quartararo, Vinales, dan Valentino Rossi kesulitan berjuang dalam setiap balapan.

Namun, performa berbeda justru ditunjukkan Franco Morbidelli yang mengendarai YZR-M1 dengan spesifikasi 2019. Morbidelli sempat kesulitan pada awal musim ini, tetapi performanya meningkat jelang akhir kejuaraan.

BACA JUGA: Quartararo Bangga Isi Posisi Valentino Rossi di Tim Pabrikan Yamaha

Morbidelli menempati posisi kedua klasemen akhir dengan koleksi 158 poin. Morbidelli tertinggal 13 poin dari sang juara, Joan Mir (Suzuki Ecstar). Sementara itu, Quartararo finis posisi kedelapan, Vinales menyegel peringkat keenam, dan Rossi terpuruk di tempat ke-15.

Quartararo tahu pekerjaan Yamaha sangat berat pada musim depan. Yamaha harus menemukan solusi agar YZR-M1 edisi 2021 kompetitif untuk bersaing dalam kejuaraan. Pembalap asal Prancis itu yakin Yamaha bisa bangkit dari keterpurukan.

"Saya pikir dengan melihat data Franco (Morbidelli), cukup jelas bahwa kami kehilangan putaran dan cengkeraman di belakang. Jadi, mereka (Yamaha) hanya perlu mengerjakan itu, dan menganalisis,” kata Quartararo, mengutip dari Crash, Selasa (1/12/2020).

“Namun, saya pikir Yamaha sangat termotivasi karena mereka melihat motor edisi 2020 menjadi bencana pada balapan terakhir. Maverick (Vinales) dan Vale –sapaan akrab Rossi– finis di urutan ke-11 dan ke-12 (di Sirkuit Portimao, Portugal),” ucapnya.

Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

"Jadi, kami tidak perlu memberi tahu mereka sepanjang waktu bahwa motornya tidak berfungsi. Mereka bisa melihat, dan mereka bekerja keras,” tutur pembalap asal Prancis itu.

“Mereka akan menemukan sesuatu dan saya berharap kami dapat memulai tes (2021) dengan sangat baik. Juga dengan Cal (Crutchlow, tiba sebagai pembalap tes). Jadi, saya berharap mereka termotivasi dan siap untuk menemukan masalahnya,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini