Juara MotoGP 2020, Begini Cara Joan Mir Berpesta

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 30 November 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 38 2318448 juara-motogp-2020-begini-cara-joan-mir-berpesta-J2foV9FCwJ.jpg Joan Mir (Foto: Reuters/Albert Gea)

PALMA DE MALLORCA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, punya cara unik untuk merayakan keberhasilannya menjuarai MotoGP 2020. Dia tur mengelilingi kota kelahirannya, Palma de Mallorcan, Spanyol, dengan motor Suzuki, GSX-RR.

Mir tidak tur sendirian, tetapi bersama perkumpulan motor di Palma de Mallorca. Beberapa foto perayaan gelar juara Mir bisa Anda lihat di Instagram pribadinya, @joanmir36official.

Infografis Joan Mir (Foto: Okezone)

“Saya merasa sangat senang bisa merayakan gelar juara #MotoGP bersama penggemar Mallorcan! Terima kasih kepada pihak berwenang, Consolat de Mar, dan terima kasih juga kepada Balearic Motorcycle Federation, Circuit de Llucmajor, kepada penyelenggara acara dan kepada seluruh pers Balearic untuk olahraga dan olahraga,” tulis Mir di Instagram-nya, Senin (30/11/2020).

Perayaan itu cukup meriah karena Mir merupakan pembalap Palma de Mallorca kedua yang menjuarai MotoGP. Sebelum Mir, Jorge Lorenzo adalah satu-satunya pembalap Palma de Mallorca yang mampu merajai MotoGP. Lorenzo meraih tiga gelar juara MotoGP (2010, 2012, dan 2015).

BACA JUGA: Harapan Joan Mir di MotoGP 2021: Semoga Lawan Tak Sebanyak Musim Ini

Mir masih berjarak dua gelar juara dari Lorenzo. Akan tetapi, perjalanan pembalap berumur 23 tahun itu di MotoGP masih panjang sehingga berpeluang melewati prestasi Lorenzo.

Peluang Mir melangkahi sang senior pun cukup besar jika menilik performanya pada musim ini. Mir tampil luar biasa sepanjang kejuaraan meski awalnya bukan salah satu unggulan dalam perebutan gelar juara MotoGP 2020.

Mir memulai perjalanannya pada musim ini dengan tidak terlalu mulus. Pembalap berpaspor Spanyol itu hanya sekali menyentuh garis finis pada tiga balapan pertama musim ini. Mir cuma meraih 11 pon dari tiga balapan pertama.

Setelah itu, performa Mir meningkat drastis. Mir mulai unjuk gigi dengan meraih beberapa podium yang menaikkan posisinya di klasemen sementara. Mir pun mulai diperhitungkan dalam perebutan gelar juara.

Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

Mir akhirnya mematahkan prediksi banyak pengamat dengan menjuarai MotoGP. Pembalap berpaspor Spanyol itu mengoleksi 171 poin buah dari tujuh podium yang salah satunya berakhir dengan kemenangan.

Jika bisa tampil sekonsisten musim ini di MotoGP 2021, peluang Mir mempertahankan gelar juara cukup besar. Namun, Mir harus berhati-hati karena persaingan pada musim depan akan lebih ketat dengan kembalinya pembalap terkuat dalam kejuaraan, Marc Marquez (Repsol Honda).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini