Vinales Evaluasi Penampilannya di MotoGP 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 38 2318400 vinales-evaluasi-penampilannya-di-motogp-2020-Vu5kM1IQoX.jpg Maverick Vinales (Foto: Laman resmi MotoGP)

FIGUERES – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengevaluasi penamilannya di MotoGP 2020. Kesalahan-kesalahan Vinales pada musim ini akan menjadi pembelajaran berarti untuk perjalanannya pada musim depan.

Performa Vinales di MotoGP 2020 tidak bisa dikatakan buruk. Sebab, pembalap asal Spanyol itu sempat memiliki peluang untuk menjadi juara MotoGP 2020. Sayangnya, penampilan Vinales sepanjang kejuaraan tidak konsisten.

Maverick Vinales (Foto: Laman resmi MotoGP)

Vinales memulai kejuaraan dengan menyegel posisi kedua secara beruntun. Top Gun –julukan Vinales– meraih posisi kedua di balapan seri Spanyol dan Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez.

Setelah itu, Vinales gagal menyegel podium pada tiga balapan selanjutnya. Top Gun bangkit dari keterpurukan dengan memenangkan balapan seri Emiliano Romagna di Sirkuit Misano, Spanyol.

BACA JUGA: Morbidelli Tak Tahu Mengapa Motor Miliknya Lebih Cepat ketimbang YZR-M1 Terbaru

Namun, Vinales tidak mampu meneruskan momentum bagus setelah kemenangan di Sirkuit Misano. Vinales gagal meraih satu pun podium hingga MotoGP 2020 berakhir. Vinales mengakhiri musim ini di posisi keemam dengan koleksi 132 poin.

Ketika Vinales melempem, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, justru tampil konsisten sepanjang musim ini. Mir, yang awalnya tidak diunggulkan, mampu meraih tujuh podium yang salah satunya berbuah kemenangan.

Mir menjuarai MotoGP 2020 dengan koleksi 171 poin. Itu merupakan gelar juara MotoGP pertama Mir sejak debut di balapan kelas primer pada musim lalu.

Ketika Mir sudah meraih gelar juara MotoGP pertamanya, Vinales justru belum sekalipun menjadi pembalap terbaik meski sudah debut sejak 2015 silam. Fakta itu menunjukkan Vinales masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum musim depan bergulir.

Maverick Vinales (Foto: Laman resmi MotoGP)

Selain Vinales, Yamaha juga harus membenahi performa motor mereka, YZR-M1. Sebab, YZR-M1 tidak sekompetitif kuda besi pabrikan lainnya sehingga kurang mendukung pembalapnya untuk berprestasi pada musim ini.

“Saatnya untuk melihat ke belakang dan merenungkan apa yang telah terjadi musim ini untuk kembali lebih kuat,” tulis Vinales di Instagram-nya, @maverick12official, Minggu (29/11/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini