Pensiunnya Khabib Tak Buat Rusia Kehabisan Petarung Handal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 43 2313244 pensiunnya-khabib-tak-buat-rusia-kehabisan-petarung-handal-Jlog7bGUol.jpg Khabib Nurmagomedov (Foto: Twitter/@ufc)

MOSKOW – Mantan petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Fedor Emelianeko, ikut mengomentari keputusan Khabib Nurmagomedov pensiun. Emelianeko menilai penisunnya Khabib tidak lantas membuat Rusia telah kehilangan petarung hebat di seni bela diri Mix Martial Arts (MMA).

Keputusan tersebut diumumkan oleh Khabib sesaat setelah memenangkan pertarungan melawan Justin Gaethje di ajang UFC 254 yang berlangsung, pada Minggu 25 Oktober 2020 dini hari WIB. Duel itu sendiri berhasil dimenangkan Khabib.

Dengan kemenangan tersebut pun menjaga keberhasilan Khabib menjaga rekor kemenangannya selama berpartisipasi di ajang UFC. Khabib sejauh ini sudah menjalani 29 pertarungan dengan catatan sempurna alias selalu menang.

Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje

Dalam pengumuman pensiunnya, Khabib mengaku sangat berat hati harus menjalani pertarungan tanpa didamping oleh sang ayah, yakni Abdulmanap Nurmagomedov. Terlebih, Khabib juga sudah berjanji kepada sang ibu bahwa duel melawan Gaethje ialah pertarungan terakhirnya.

Baca Juga: Tegaskan Pensiun dari MMA, Khabib Nurmagomedov Kini Mengurus Peternakan

Banyak yang menyayangkan keputusan The Eagle –julukan Khabib– pensiun sebagai petarung UFC. Terlebih beberapa penggemarnya masih sangat ingin melihat aksi-aksi Khabib di dalam oktagon –arena pertandingan UFC.

Selain itu, belakangan muncul pernyataan bahwa pensiunnya Khabib bakal sangat disesali oleh warga Rusia. Pasalnya dengan pensiunnya Khabib, maka Rusia sudah tidak memiliki petarung hebat yang bisa mengharumkan bangsanya.

Akan tetapi pandangan berbeda diutarakan oleh Emelianeko terkait pernyataan tersebut. Ya, Emelianeko tidak sependapat bahwa pensiunnya Khabib membuat Rusia kehilangan popularitasnya di seni bela diri MMA.

Pasalnya, Emelianeko menilai masih banyak petarung asal Rusia yang tak kalah hebat dibandingkan Khabib, seperti Petr Yan, Vadim Nemkov, Zabit Magomedsharipov, Zubaira Tukhugov, Khamzat Chimaev, hingga Alexander Volkov, yang cukup berprestasi.

Baca Juga: Duel McGregor vs Poirier Jadi Pertanda Khabib Naik Oktagon Lagi

“Orang-orang (Rusia) akan tetap mengadakan petarungan di acara promosi teratas. Saya tidak berpikir bahwa olahraga MMA akan kehilangan popularitasnya (di Rusia) usai keputusan Khabib tersebut,” jelas Emelianeko, seperti dirangkum dari Russia Today, Jumat (20/11/2020).

“MMA telah mendapatkan popularitasnya dan memantapkan dirinya sebagai olahraga tertentu dengan liga profesional,” tuntas pria berusia 44 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini