Vinales Bongkar Kelemahan Motor Yamaha Musim Ini

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 38 2312764 vinales-bongkar-kelemahan-motor-yamaha-musim-ini-UqB40xZgYR.jpg Maverick Vinales (Foto: Laman resmi MotoGP)

PORTIMAO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, membongkar kelemahan terbesar dari kuda besinya, YZR-M1, musim 2020. Dia menekankan bahwa YZR-M1 tidak memiliki cengkeraman yang cukup baik.

Karena motor YZR-M1 kurang kompetitif, Vinales pun kesulitan untuk berkompetisi pada musim ini. Vinales sempat menjadi salah satu calon juara, tetapi dia tersingkir dari persaingan karena performa yang tidak konsisten.

Maverick Vinales (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

Gelar juara pun jatuh ke tangan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Pembalap berumur 23 tahub itu menjuarai MotoGP 2020 setelah menyegel posisi ketujuh pada balapan sebelumnya, MotoGP Valencia 2020.

Jika cengkeraman YZR-M1 cukup baik pada musim ini, Vinales mungkin bisa bersaing dengan Mir hingga balapan terakhir. Akan tetapi, semua sudah terjadi sehingga Vinales harus fokus ke masa depan.

BACA JUGA: Joan Mir Juara MotoGP 2020, Prediksi 7 Pembalap Top di Awal Musim Salah Semua

“Motor tahun ini lebih baik jika ada cengkeraman. Jika tidak ada cengkeraman, kami sangat menderita,” kata Top Gun –julukan Vinales, mengutip dari Tutto Motori Web, Jumat (20/11/2020).

“Kami harus memperbaiki ban belakang. Membenahi motor saat ini dan menemukan lebih banyak cengkeraman,” tuturnya.

Meski YZR-M1 memiliki kekurangan, Vinales tidak boleh menyerah. Sebab, masih ada satu balapan lagi yang harus dijalaninya, yaitu MotoGP Portugal 2020. Balapan seri ke-14 itu akan berlangsung di Sirkuit Portimao, Minggu 22 November 2020, malam WIB.

Peluang setiap pembalap untuk meraih kemenangan di Sirkuit Portimao sama. Sebab, sirkuit sepanjang 4,6 kilometer itu baru pertama kali digunakan untuk balapan MotoGP di Portugal.

BACA JUGA: Vinales Akui Yamaha Kalah Telak, Joan Mir Layak Juara MotoGP 2020

Sebelumnya, balapan MotoGP di Portugal selalu digelar di Sirkuit Estoril. Balapan MotoGP di Sirkuit Estoril terakhir kali digelar pada musim 2012. Setelah itu, Portugal absen dari kalender MotoGP sampai kembali lagi pada musim 2020.

Kemenangan di MotoGP Portugal 2020 penting bagi Vinales yang sedang berjuang untuk meraih posisi kedua klasemen akhir. Top Gun kini menempati posisi keempat dengan koleksi 127 poin. Vinales tertinggal 15 poin dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Peluang Vinales tidak terlalu besar dalam perebutan posisi kedua. Akan tetapi, semua bisa terjadi dalam balapan sehingga pembalap asal Spanyol itu hanya perlu tampil apik untuk memenangkan balapan. Setelah meraih kemenangan, Vinales baru akan tahu posisinya di klasemen akhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini