Joan Mir: Marc Marquez Gagal Musim Ini karena Kesalahan Sendiri

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 38 2311331 joan-mir-marc-marquez-gagal-musim-ini-karena-kesalahan-sendiri-wA1ZaU2Yvq.jpg Marc Marquez (Foto: Twitter/@MarcMarquez93)

VALENCIA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menilai Marc Marquez (Repsol Honda) gagal di MotoGP 2020 karena kesalahan sendiri. Kesalahan itu membuat Marquez tidak mampu mempertahankan gelar juaranya pada musim 2020.

Marquez pantas disebut pembalap terkuat menilik kariernya sejak debut di MotoGP pada musim 2013. The Baby Alien –julukan Marquez– langsung membuat sensasi dengan menjuarai MotoGP pada musim debutnya.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Marquez pun mencetak sejarah karena menjadi satu-satunya debutan yang langsung meraih gelar juara. Marquez melanjutkan kegemilangannya pada musim 2014 dengan kembali meraih gelar juara.

Namun, The Baby Alien gagal mempertahankan gelar juara pada musim berikutnya. Marquez kalah saing dari Jorge Lorenzo. Setelah kegagalan itu, laju Marquez tidak terbendung oleh pembalap mana pun.

BACA JUGA: Joan Mir Juara MotoGP 2020, tapi Pembalap Terkuat Tetap Marc Marquez

Selama empat musim beruntun dari 2016-2019, Marquez mendominasi MotoGP. Marquez baru kembali gagal meraih gelar juara MotoGP pada musim 2020 karena absen panjang akibat lengan kanannya patah. Cedera itu diderita Marquez ketika kecelakaan parah pada balapan pertama musim ini, MotoGP Spanyol 2020.

Ketika Marquez absen, Mir mencuat dengan penampilan konsistennya dari balapan pertama hingga ke-13. Mir total meraih tujuh podium yang salah satu di antaranya berujung kemenangan.

Mir dicibir karena menjadi juara tanpa keberadaan Marquez. Akan tetapi, Mir menegaskan dirinya menjadi juara bukan karena absennya Marquez, melainkan kemampuan. Absennya Marquez adalah bagian dari kejuaraan pada musim ini, menurut Mir.

"Mereka yang menganggap kejuaraan ini kurang penting karena absennya Marquez, tidak tahu banyak tentang motor. Saya pikir begitulah adanya,” kata Mir, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (18/11/2020).

BACA JUGA: Marquez Ungkap Momen Terbaik di MotoGP, Termasuk Podium Bareng Rossi-Lorenzo

“Marc (Marquez) mengambil risiko untuk menang dan menaklukkan kejuaraan selama balapan pertama. Dia membuat kesalahan dan itu membuatnya kehilangan musim, itu saja,” tuturnya.

Mir pun menjadi pembalap asal Spanyol keempat yang menjuarai MotoGP. Selain Mir, juara MotoGP asal Spanyol adalah Marquez, Lorenzo, dan Alex Criville.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini