Joan Mir: Cedera Marc Marquez adalah Bagian dari Kejuaraan

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 38 2311325 joan-mir-cedera-marc-marquez-adalah-bagian-dari-kejuaraan-z0HrJq1YIh.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

VALENCIA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mulai kesal dengan komentar miring orang-orang soal gelar juara MotoGP 2020 miliknya. Mir menegaskan dirinya menjadi juara bukan karena Marc Marquez (Repsol Honda) cedera parah.

Marquez adalah pembalap terkuat di kejuaraan sejak musim 2013 atau tahun debutnya. Marquez pun mencetak sejarah karena menjadi satu-satunya debutan yang langsung meraih gelar juara. Marquez melanjutkan kegemilangannya pada musim 2014 dengan kembali meraih gelar juara.

Infografis Joan Mir (Foto: Okezone)

Namun, The Baby Alien gagal mempertahankan gelar juara pada musim berikutnya. Marquez kalah saing dari Jorge Lorenzo. Setelah kegagalan itu, laju Marquez tidak terbendung oleh pembalap mana pun.

Selama empat musim beruntun dari 2016-2019, Marquez mendominasi MotoGP. Marquez baru kembali gagal meraih gelar juara MotoGP pada musim 2020 karena absen panjang akibat lengan kanannya patah.

BACA JUGA: Marquez Ungkap Momen Terbaik di MotoGP, Termasuk Podium Bareng Rossi-Lorenzo

Saat Marquez tidak ada, Mir mencuat dengan tampil konsisten dalam setiap balapan hingga menjadi juara. Mir menjadi juara saat menyegel posisi ketujuh di MotoGP Valencia 2020.

Namun, gelar juara MotoGP 2020 Mir dicibir beberapa orang karena ketidakberadaan Marquez. Akan tetapi, Mir menilai absennya Marquez bukan yang membawanya menjadi juara, melainkan hanya bagian dari kejuaraan.

Mir layak menjadi juara karena memiliki kualitas. Gelar juara MotoGP 2020 adalah prestasi pertama Mir di balapan kelas primer sejak debut pada musim lalu.

BACA JUGA: Tak Dapat Gelar Juara MotoGP 2020, Marc Marquez Kenang Titel Pertamanya

Mir pun menjadi pembalap asal Spanyol keempat yang menjuarai MotoGP. Selain Mir, juara MotoGP asal Spanyol adalah Marquez, Jorge Lorenzo, dan Alex Criville.

“Apakah semua ini (absennya Marquez) menghilangkan nilai gelar juara ini? Pada titik ini, kita juga harus menghilangkan pahala dari pembalap lain yang dalam sejarah telah menang ketika favorit jatuh atau terluka. Semua ini adalah bagian dari permainan, olahraga dan MotoGP,” kata Mir, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (18/11/2020).

Keberhasilan Mir di MotoGP 2020 juga sangat spesial bagi Suzuki. Gelar juara MotoGP Mir hadir saat peringatan 100 tahun Suzuki, 60 tahun keikutsertaan Suzuki dalam balapan, dan 20 tahun sejak gelar juara terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini