Share

Juara MotoGP 2020, Marc Marquez: Selamat Joan Mir!

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 38 2310048 juara-motogp-2020-marc-marquez-selamat-joan-mir-rqMfk8vvf1.jpg Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

VALENCIA – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, keluar sebagai juara dunia MotoGP 2020. Kepastian itu didapat Mir setelah menjalani balapan MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (15/11/2020) malam WIB.

Keberhasilan tersebut kemudian langsung mendapat ucapan selamat dari sang juara dunia MotoGP tahun lalu yakni Marc Marquez. Melalui akun media sosialnya, Marquez turut bahagia dengan kemenangan yang diraih pembalap berpaspor Spanyol tersebut.

“Selamat Joan Mir,” tulis Marquez di akun Twitter-nya menggunakan bahasa Spanyol dan Inggris.

Kesuksesan Mir menjadi juara dunia memang menjadi sebuah kejutan. Pembalap berusia 23 tahun itu berhasil mengambil takhta Marquez yang sejak 2016 mendominasi gelar juara dunia secara beruntun hingga 2019.

Baca juga Hasil MotoGP Valencia 2020: Joan Mir Juara MotoGP 2020

Mir tampil keluar sebagai juara dunia setelah mengumpulkan 171 poin di seri ke-13 MotoGP 2020. Meski masih menyisakan satu balapan di Sirkuit Portimao, Portugal, tetapi posisi Mir di puncak klasemen MotoGP 2020 tidak tergoyahkan.

Pembalap yang memulai debutnya di MotoGP pada musim lalu itu berhasil mengambil kesempatan ketika Marquez absen hampir satu musim penuh. Marquez yang mengalami cedera pada awal musim secara otomatis harus merelakan gelarnya.

Joan Mir

Awalnya, beberapa pembalap pun difavoritkan menjadi juara dunia setelah Marquez absen lama. Namun, tidak ada yang menyangka nama Mir muncul sebagai juara dunia setelah menunjukkan konsistensi hingga pertengahan musim.

Meski Mir hanya mampu menogoleksi satu kemenangan hingga seri ke-13, tetapi Mir memang tampil konsisten. Ia memenangi balapan ketika mentas di MotoGP Eropa 2020. Selain itu, ia mengoleksi enam podium dengan tiga kali finis kedua dan tiga kali finis ketiga.

Sementara pada balapan terakhir di MotoGP Valencia 2020, Mir berhasil menyelesaikan balapan di tempat ketujuh. Namun, posisi tak memengaruhi posisinya di puncak klasemen dengan memiliki perbedaan 28 poin dengan Franco Morbidelli di urutan kedua.

Morbidelli sendiri keluar sebagai pemenang di MotoGP Valencia 2020 setelah tampil dominan pada balapan tersebut. Meski mendapat persaingan ketat di akhir lap dari Jack Miller, tetapi Morbidelli akhirnya mengukuhkan diri sebagai pemenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini