Pulih dari Cedera, Marc Marquez Diprediksi Juara Dunia Lagi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 38 2303115 pulih-dari-cedera-marc-marquez-diprediksi-juara-dunia-lagi-SeKWssv2XS.jpg Marc Marquez bakal tampil garang (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

GOLD COAST – Koleksi delapan gelar juara dunia balap motor membuat mental pemenang seorang Marc Marquez tidak perlu diragukan lagi. Mantan juara dunia MotoGP, Mick Doohan, cukup yakin juniornya itu akan kembali menjadi pemenang setelah pulih dari cedera parah.

Sebagaimana diberitakan, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus pada tangan kanannya saat mengikuti balapan MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli lalu. The Baby Alien langsung menjalani operasi bedah pada Selasa 21 Juli 2020 dan kembali ke lintasan balap dua hari setelahnya.

Kenekatan Marc Marquez untuk mengikuti pekan balapan MotoGP Andalusia 2020 itu berakibat fatal. Sebuah pelat yang ditanam pada lengannya patah dan harus menjalani operasi kedua pada 3 Agustus 2020. Sejak itu, juara dunia MotoGP 2019 tersebut bagaikan menghilang ditelan bumi.

Baca juga: Yokoyama Akui Honda Bangun Motor Sesuai Permintaan Marc Marquez

Marc Marquez melaju di Sirkuit Jerez (Foto: Honda Racing Corporation)

Cedera parah yang dialami Marc Marquez diyakini akan membuat mentalnya sedikit terganggu. Akan tetapi, pendapat berbeda disampaikan Mick Doohan. Juara dunia MotoGP lima kali itu yakin pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut akan kembali menjadi pemenang.

“Dari segi mental, Marc akan tetap sama saja. Dia hanya perlu melupakan cedera itu. Rivalnya mungkin tidak ingin Marc kembali, tetapi akan selalu menyenangkan untuk melawan seseorang sepertinya di lintasan,” papar Mick Doohan, dikutip dari AS, Selasa (3/11/2020).

“Dia akan kembali menang lagi, tidak ada yang berubah. Sebuah cedera tidak akan mengubah pendekatan Anda terhadap balapan. Kami semua tahu risikonya dan sudah menerima hal itu ketika berada di atas motor,” imbuh mantan pembalap Repsol Honda tersebut.

Kini, kapan kembalinya Marc Marquez menjadi pertanyaan tersendiri. MotoGP 2020 hanya tinggal menyisakan tiga balapan lagi. Dua seri akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 8 dan 15 November 2020.

Pada Agustus lalu, Repsol Honda merilis pernyataan yang menyebutkan perkiraan kembalinya Marc Marquez. Pembalap berusia 27 tahun itu diprediksi menepi selama 2-3 bulan terhitung sejak operasi bedah kedua.

Itu berarti, Marc Marquez sudah melewati perkiraan yang disebutkan timnya. Jika dihitung maksimal tiga bulan dari operasi, maka juara dunia MotoGP enam kali itu seharusnya sudah pulih benar pada 3 November 2020.

Di tengah ketidakpastian itu, Stefan Bradl justru mengklaim dirinya sudah ditugaskan sebagai pengganti hingga balapan terakhir di Portugal (22 November 2020). Tak ayal, comeback Marc Marquez masih menjadi misteri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini