Absennya Marquez Buat Honda Merasa Tersentil

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 38 2300581 absennya-marquez-buat-honda-merasa-tersentil-Vifag6EH10.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

ARAGON – Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyebut ada perubahan besar yang dilakukan oleh Tim Repsol Honda di usai ditinggal Marc Marquez absen karena cedera. Ciabatti menilai bahwa Tim Honda kini mulai merakit motornya, RC213V, agar lebih bersahabat dengan pembalap mereka yang lain saat ini.

Sebagaimana diketahui dalam beberapa tahun terakhir, Tim Honda memang sangat bergantung pada diri Marquez. Hal tersebut membuat mekanik Tim Honda membangun motor mereka dengan hanya mendengarkan masukan dari Marquez seorang.

Kondisi itu sendiri sejatinya seperti pisau bermata dua bagi Tim Honda. Mereka memang berhasil mendapatkan banyak kesuksesan di MotoGP dengan memanjakan Marquez. Namun di sisi lain, situasi itu justru membuat pembalap Tim Honda lainnya kesulitan menjinakkan RC213V.

Marc Marquez

Masalah besar pun akhirnya dirasakan Tim Honda di MotoGP 2020, ketika mereka harus menjalani serangkaian balapan tanpa kehadiran Marquez yang cedera. Ya, para pembalap Tim Honda gagal meraih hasil positif pada balapan-balapan awal MotoGP musim ini.

Baca Juga: Bradl Kemungkinan Besar Masih Gantikan Marc Marquez Lagi di Valencia

Akan tetapi menurut pandangan Ciabatti, Tim Honda kini mulai sadar akan kesalahan mereka tersebut. Ya, Ciabatti menilai bahwa Tim Honda kini tengah berupaya membangun motor yang lebih bersahabat kepada pembalap mereka lainnya.

Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan Alex Marquez meraih podium kedua secara berurutan pada saat menjalani balapan di MotoGP Prancis dan Aragon 2020, serta Takaaki Nakagami yang mampu jadi tercepat di kualifikasi MotoGP Teruel 2020.

“Apabila melihat siapa saja pembalap yang berhasil lolos ke Q2, Anda tidak bisa mengatakan bahwa peta persaingan musim ini tak menjadi acak,” jelas Ciabatti, sebagaimana dilaporkan oleh GPOne, Rabu (28/10/2020).

“Akan tetapi situasi seperti pada saat ini tidak akan terjadi hanya karena Marc absen. Absennya Marc, kontrasnya, justru membantu Honda mengembangkan proyeknya di kejuaraan dunia tahun ini,” sambungnya.

Baca Juga: Quartararo Sama Tertekannya dengan Rossi dan Marquez

“Selama Marc ada untuk menutupi kekurangan mereka (Tim Honda), maka mereka takkan terlalu cemas. Pada akhirnya, memang hanya ada satu orang yang bisa mengendarai motor itu, sementara pembalap lainnya harus meraih hasil yang sungguh mengecewakan.”

“Kini, Honda menyadari situasi yang mereka hadapi. Mereka membawa perangkat-perangkat baru yang membuat RC213V lebih mudah dikendarai semua pembalapnya, bahkan para rider yang bukan Marc Marquez,” tuntas pria berkebangsaan Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini