Absennya Marc Marquez Justru Berdampak Positif bagi Honda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 38 2299368 absennya-marc-marquez-justru-berdampak-positif-bagi-honda-GsFn5VmbvD.jpg Marc Marquez absen hingga waktu yang belum diketahui (Foto: MotoGP)

ALCANIZ – Manajer Teknis Honda Racing Corporation (HRC), Takeo Yokoyama, beberapa waktu lalu mengakui ketidakhadiran Marc Marquez begitu dirindukan. Sebab, The Baby Alien berperan penting untuk pengembangan motor. Pendapat berbeda disampaikan Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti.

Seperti diketahui, Marc Marquez sudah absen mengaspal sejak MotoGP Andalusia 2020, 26 Juli lalu, akibat cedera patah tulang humerus di lengan kanan. Hingga kini, belum jelas kapan juara dunia MotoGP 2019 tersebut akan kembali mengaspal.

Absennya Marc Marquez membuat Honda kesulitan mencetak hasil terbaik. Sampai dengan seri ke-11, pembalap penunggang motor Honda baru dua kali naik podium, yang keduanya dicatatkan atas nama Alex Marquez.

Baca juga: Marc Marquez Kemungkinan Tak Akan Balapan Lagi di 2020

Alex Marquez berhasil naik podium di Aragon (Foto: MotoGP)

Perkembangan pesat yang dialami Alex Marquez itu banyak dianggap sebagai buah dari perubahan sikap HRC. Dengan absennya, Marc Marquez, HRC kini fokus membantu tiga pembalap lainnya, termasuk Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami.

Bagi Paolo Ciabatti, perkembangan yang dialami tiga pembalap Honda lainnya tidak terlepas dari ketiadaan Marc Marquez. Seandainya pembalap berusia 27 tahun itu ada dan tetap meraih kemenangan, rider lainnya tidak akan diperhatikan.

“Absennya Marquez justru membantu Honda mengembangkan proyek mereka. Sebab, selama Marc ada dan terus menang, HRC tidak khawatir sama sekali,” ujar Paolo Ciabatti, dikutip dari GPOne, Senin (26/10/2020).

“Pada akhirnya, mereka menyadari situasi dan mulai membawa paket yang membuat RC213V lebih mudah dikendarai oleh semua pembalapnya,” sambung pria berpaspor Italia tersebut.

Kendati tidak ada di garasi, Marc Marquez masih membantu HRC lewat cara lain, yakni data telemetri. Takeo Yokoyama mengakui, perkembangan Takaaki Nakagami tidak terlepas dari mencontek data telemetri Marc Marquez, terutama soal pengereman.

Apa yang dilakukan oleh Takaaki Nakagami itu sukses membantunya menorehkan hasil-hasil impresif pada MotoGP 2020. Kendati belum pernah naik podium, pembalap berkebangsaan Jepang itu menjadi rider Honda dengan peringkat terbaik.

Sementara bagi Alex Marquez, perbaikan performa dari RC213V membuatnya kian nyaman mengaspal. Alhasil, sudah dua podium yang berhasil diraih hingga seri ke-11.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini