Demi Capai Hasil Terbaik, Vinales Fokus pada DNA Yamaha

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 38 2298085 demi-capai-hasil-terbaik-vinales-fokus-pada-dna-yamaha-jffqliYAS4.jpg Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Foto: Laman MotoGP)

ARAGON – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tengah mempersiapkan diri untuk seri berikutnya, yaitu MotoGP Teruel 2020. Adapun hal yang menjadi fokus Vinales saat ini adalah pengembangan kualitas motor Yamaha.

Tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap pabrikan yang berlaga di MotoGP memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Contohnya adalah Ducati yang dikenal sebagai motor yang kuat di trek lurus.

Sementara itu, motor balap Yamaha, YZR-M1, memiliki keunggulan di tikungan. Vinales menyebut ini sebagai DNA Yamaha dan pada hal itulah saat ini ia menaruh fokus. Menurut Vinales, jika ia bisa memaksimalkan potensi motor balap Yamaha, maka ia dapat meraih hasil yang lebih baik.

Baca juga: Pembalap VR46 Merana di Aragon saat Valentino Rossi Absen karena Covid-19

Maverick Vinales

MotoGP Teruel 2020 sendiri sejatinya adalah balapan yang bakal dilangsungkan di Sirkuit Aragon, sebagaimana seri sebelumny. Vinales menilai ini sebagai keuntungan karena motor balap Yamaha bisa melaju cepat di sana.

“Aragon adalah trek yang bagus untuk saya, seperti halnya Valencia. Dan di Portimao saya juga cepat dalam tes pada awal Oktober, di mana saya harus mengendarai mesin jalanan seperti semua pembalap biasa,” ujar Vinales, seperti dilansir dari Speedweek, Jumat (23/10/2020).

“Saya seharusnya bisa jauh lebih baik dengan motor MotoGP. Tapi saya telah belajar satu hal: segera setelah kami mencoba mengatasi kelemahan YZR-M1, kami tidak mencapai hasil balapan yang baik. Kami harus fokus pada DNA Yamaha,” jelasnya.

“Jadi pada genetik riasan yang membuat Yamaha begitu kuat. Semua ini terkenal: Ini tentang kecepatan menikung dan stabilitas di depan. Karena saya tidak cepat di tikungan akhir pada balapan sebelumnya, saya akan mencoba untuk meningkatkan kecepatan menikung di sana lalu lihat cara kerjanya," tandas Vinales.

Pada seri sebelumnya, MotoGP Aragon 2020, Vinales hanya bisa finis keempat. Padahal, dalam balapan tersebut, pembalap berjuluk The Top Gun itu start dari posisi kedua.

Maverick Vinales

Balapan MotoGP Aragon 2020 itu pada akhirnya dimenangkan Alex Rins. Sedangkan Vinales, finis keempat, tepat di belakang Joan Mir. Dengan demikian, Vinales pun tertahan di posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 109 poin.

Ia tertinggal 12 poin dari Mir yang menempati puncak klasemen. Sedangkan Fabio Quartararo menghuni posisi kedua dengan perolehan 115 poin atau hanya unggul enam angka atas Vinales.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini