Marquez Absen, Doohan Jagokan Joan Mir Jadi Juara Dunia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 38 2288396 marquez-absen-doohan-jagokan-joan-mir-jadi-juara-dunia-LsAenRv6zm.jpg Joan Mir dijagokan sebagai juara dunia MotoGP 2020 (Foto: Suzuki Racing)

GOLD COAST – Absennya Marc Marquez dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 dipastikan bakal memunculkan juara dunia baru. Mantan pembalap Repsol Honda, Mick Doohan, menjagokan Joan Mir dan Suzuki Ecstar sebagai pemenang musim ini.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez sudah absen mengaspal pada tujuh dari delapan seri yang sudah digelar pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. The Baby Alien mengalami cedera patah tulang humerus akibat kecelakaan parah di seri perdana, 19 Juli lalu.

Ketiadaan sang juara bertahan membuat Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 sangat sulit diprediksi. Hingga seri kedelapan, sudah muncul lima pemenang berbeda. Satu nama mencuat ke permukaan, yakni Joan Mir. Padahal, pembalap asal Spanyol itu tidak pernah meraih kemenangan di MotoGP 2020.

Baca juga: Fabio Quartararo vs Joan Mir, Siapa yang Terbaik?

Joan Mir konsisten naik podium (Foto: MotoGP)

Modal terbaik Joan Mir adalah konsisten menuai poin dan berada di lima besar. Tidak heran, pembalap berusia 23 tahun itu kini nangkring di peringkat dua klasemen dengan nilai 100. Konsistensi Joan Mir membuat dirinya dijagokan sebagai juara dunia oleh Mick Doohan.

“Apa yang dilakukannya sungguh impresif dan menunjukkan betapa bagusnya Suzuki. Joan adalah penantang yang tidak perlu diragukan lagi untuk gelar juara. Akan sangat fantastis jika Suzuki memenangi Kejuaraan Dunia MotoGP,” papar Mick Doohan, dikutip dari Paddock GP, Senin (5/10/2020).

“Sudah lama sejak itu terjadi. Joan Mir dapat menjadi pembalap yang mengakhiri kerinduan itu. Suzuki juga berhasil menemukan performa yang lebih baik,” imbuh pria berpaspor Australia itu.

Sekadar informasi, terakhir kali Suzuki meraih gelar juara dunia adalah pada MotoGP (500cc) 2000. Kala itu, Kenny Roberts Jr berhasil meruntuhkan dominasi Yamaha dan Honda pada ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Setelah itu, prestasi Suzuki naik turun di kelas MotoGP. Mereka sempat vakum selama empat tahun pada 2011-2015. Namun, ketika kembali, pabrikan asal Hammamatsu itu perlahan bangkit dan mulai menunjukkan progres luar biasa.

Pada MotoGP 2019, mereka sukses menuai dua kemenangan lewat Alex Rins. Sementara kali ini, Suzuki Ecstar memang belum mendapatkan kemenangan. Akan tetapi, kedua pembalapnya bisa konsisten bertarung untuk naik podium.

Khusus Joan Mir, dalam lima seri terakhir, ia rutin masuk lima besar saat finis. Pembalap kelahiran Palma itu bahkan finis di posisi dua sebanyak tiga kali. Ia kini hanya berselisih delapan poin saja dengan pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini