Masalah Mesin, Yamaha Gagal Manfaatkan Absennya Marquez Musim Ini

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 38 2276835 masalah-mesin-yamaha-gagal-manfaatkan-absennya-marquez-musim-ini-7rBKGsT642.jpg Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

LESMO – Banyak kejadian diluar dugaan terjadi di ajang MotoGP 2020. Mulai dari Marc Marquez yang harus absen hampir satu musim penuh, hingga kegagalan Yamaha untuk mendominasi kejuaraan di tengah ketiadaan The Baby Alien -julukan Marquez.

Valentino Rossi dan rekan-rekan gagal bersaing pada dua balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, yakni pada GP Austria dan Styria. Prestasi terbaik mereka hanya finis di posisi kelima yang dicapai Valentino Rossi.

Baca juga: Ini Target Rossi pada FP3 MotoGP San Marino 2020

Padahal, di dua balapan awal musim ini, tim garpu tala terlihat begitu menjanjikan. Fabio Quartararo berhasil merebut podium juara di seri Jerez dan Andalusia.

Dilansir dari laman Speedweek, Yamaha saat ini tengah mengalami masalah serius pada mesin YZR-M1 mereka. Situasi tersebut memang cukup terlihat pada dua balapan terakhir dimana motor Yamaha sangat kesulitan untuk bersaing di posisi depan.

Baca juga:Valentino Rossi Merasa Berusia 30 Tahun di Misano

Pihak tim mengidentifikasi motor mereka bermasalah pada katup mesin dalam pengiriman dari pabrikan di Jepang. Untuk itu, mereka meminta izin kepada aliansi pabrikan MSMA untuk membuka mesin yang belum rusak dan menukar katup dengan pengiriman lain.

Di sisi lain, tim pabrikan lain yang mengetahui situasi ini juga ingin memastikan bahwa katup baru yang digunakan nanti tidak berpengaruh pada peningkatan kinerja mesin. Sebab, sesutai peraturan yang diterapkan, hak konsesi sendiri telah dibekukan sejak awal musim 2020 hingga akhir 2021 mendatang.

Meski demikian, Yamaha terlihat bangkit jelang balapan MotoGP San Marino 2020. Keempat pembalap mereka berhasil mengisi jajaran depan di sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu kemarin.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini