Jadwal MotoGP Hari Ini, Penentuan Start Terdepan di Misano

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 38 2276643 jadwal-motogp-hari-ini-penentuan-start-terdepan-di-misano-MrB7kJZqym.jpg Balapan MotoGP San Marino (Foto: Laman Resmi MotoGP)

MISANO – Kejuaraan Dunia MortoGP 2020 akan berlanjut akhir pekan ini, tepatnya Minggu 13 September malam WIB. Balapan kali ini bakal dilangsungkan di Sirkuit Misano dengan tajuk MotoGP San Marino 2020.

Sementara itu, pada hari ini, Sabtu (12/9/2020) para pembalap akan kembali melanjutkan sesi latihan bebas ketiga dan keempat. Kemudian setelah sesi latihan bebas selesai akan ada sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start untuk balapan di hari Minggu nanti.

Pada sesi latihan bebas pertama (FP1), pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tampil sebagai yang tercepat. Pembalap berjuluk The Top Gun itu pasalnya mammpu membukukan waktu putaran 1 menit 32,198 detik.

Baca juga: Ini Target Rossi pada FP3 MotoGP San Marino 2020

Maverick Vinales

Mengikuti Vinales, terdapat pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, di urutan kedua. Calon pembalap pabrikan Yamaha itu hanya tertinggal 0,550 detik dari Vinales.

Bertenggernya dua pembalap Yamaha tersebut di posisi pertama dan kedua seolah menjadi bukti bahwa kebangkitan yang dibicarakan mereka selama ini bukanlah omong kosong belaka. Yamaha mencoba berjuang untuk bisa mendominasi balapan lagi.

Pada tiga seri terakhir, para pembalap Yamaha pasalnya gagal menampilkan performa brilian, termasuk Quartararo dan Vinales. Sejumlah pihak menilai hal itu terjadi karena lintasan yang digunakan memiliki layout yang tidak menguntungkan karakteristik Yamaha.

Maka dari itu, Valentino Rossi dan kawan-kawan pun kesulitan untuk bisa menunjukkan penampilan terbaiknya, berbeda dengan seri pertama dan kedua. Kendati demikian, mereka mencoba bangkit pada seri kelima ini karena Sirkuit Misano bisa dibilang bersahabat dengan motor balap Yamaha.

Benar saja, saat melakoni sesi latihan bebas kedua (FP2), para pembalap Yamaha masih mendominasi. Quartararo mencatatkan diri sebagai yang tercepat pada FP2 dengan torehan waktu 1 menit 32,189 detik.

Sementara itu, posisi kedua diduduki oleh rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli. Anak didik Valentino Rossi itu hanya terpaut 0,178 detik dari Quartararo.

Tentunya menarik untuk dinanti apakah di sesi latihan bebas ketiga dan keempat Yamaha akan mampu menempati posisi puncak. Mendapatkan catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi juga akan membuat pembalap memiliki keuntungan start terdepan dalam balapan besok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini