5 Penampilan Terkini Valentino Rossi di MotoGP San Marino, Pernah Naik Podium?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 38 2276417 5-penampilan-terkini-valentino-rossi-di-motogp-san-marino-pernah-naik-podium-9h8uXVNlSl.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (Foto: Twitter/ValeYellow46)

MOTOGP 2020 telah sampai ke seri San Marino, yang mana balapan di Sirkuit Misano, Italia itu akan dihelat pada Minggu 13 September 2020. Sudah ada banyak yang memprediksi pemenang di seri keenam MotoGP 2020 tersebut, salah satu rider yang paling banyak dijagokan itu pun adalah Valentino Rossi.

Rossi dijagokan di Sirkuit Misano karena memang trek tersebut adalah salah satu lintasan terfavorit The Doctor. Selain karena trek terfavoritnya, Sirkuit Misano pun disebut-sebut mampu memaksimalkan kinerja dari motor YZR-M1.

Jadi, tak heran jika Rossi banyak yang menjagokan di balapan MotoGP San Marino 2020 pada akhir pekan ini. Lantas, bagaimana kiprah Rossis selama lima musim terakhir mentas di Sirkuit Misano tersebut?

Berikut 5 Penampilan Terkini Valentino Rossi di MotoGP San Marino:

5. MotoGP 2015

Valentino Rossi

Pada balapan MotoGP San Marino 2015, Rossi bisa dikatakan meraih hasil yang kurang baik, tapi tidak buruk-buruk amat juga. Sebab ia mampu mengakhiri balapan di urutan kelima.

Rossi yang mengawali balapan dari posisi ketiga gagal memanfaatkan posisi start baiknya tersebut. Ia tersalip oleh beberapa rider seperti Bradley Smith, Scott Redding, dan Loris Banz.

4. MotoGP 2016

Valentino Rossi

Setahun kemudian, di MotoGP San Marino 2016 Rossi akhirnya kembali menunjukkan kehebatannya. The Doctor yang mengawali balapan di urutan kedua berhasil mempertahankan posisinya tersebut hingga akhir balapan.

Rossi hanya tersalip oleh Dani Pedrosa untuk dapat meraih podium pertama di Sirkuit Misano tersebut. Padahal pada saat berlangsung Rossi sempat bersaing cukup ketat dengan rekan setimnya kala itu, yakni Jorge Lorenzo.

3. MotoGP 2017

Valentino Rossi

Khusus di MotoGP San Marino 2017, Rossi untuk pertama kalinya absen dari balapan di Sirkuit Misano tersebut. Padahal semenjak mengikuti balapan di San Marino pada 2007 silam, Rossi tak pernah sekali pun tidak ikut di balapan seri kandangnya itu.

Rossi sendiri absen di MotoGP San Marino 2017 karena mengalami cedera patah tibia dan fibula kaki kanan saat berlatih motocross. Setelah menjalani operasi, Rossi diminta untuk beristirahat dan karena itulah ia pun absen di seri San Marino.

2. MotoGP 2018

Valentino Rossi

Setahun absen dari balapan di Sirkuit Misano tampaknya memberikan efek kepada Rossi. Sebab sekembalinya ia di Misano pada MotoGP 2018, Rossi justru gagal meraih hasil yang baik.

Tepatnya Rossi hanya bisa finis di urutan ketujuh saat balapan MotoGP San Marino 2018 berakhir. Ia gagal memperbaiki posisi di awal balapan dan tetap bertahan di posisi ketujuh itu hingga balapan berakhir

1. MotoGP 2019

Para pembalap MotoGP

Terakhir penampilan Rossi di San Marino terjadi di MotoGP 2019. Pada musim tersebut, Rossi sedikit mengalami peningkatan dari musim 2018 lalu. Permasalahan motor Yamaha tidak terlalu parah jadi ia pun dapat meraih hasil yang lebih baik di MotoGP San Marino 2019.

Rossi tepatnya mampu finis di urutan keempat pada balapan tersebut. Ia hanya kalah cepat dari rekan setimnya Maverick Vinales yang finis di urutan ketiga, lalu Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua, dan Marc Marquez yang memenangi balapan tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini