Vinales Yakin Yamaha Bisa Maksimalkan Motor di MotoGP Republik Ceko 2020

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 38 2257395 vinales-yakin-yamaha-bisa-maksimalkan-motor-di-motogp-republik-ceko-2020-QKqt4XUytK.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

LESMO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, berbicara mengenai persiapan timnya jelang turun di seri ketiga musim ini. Vinales yakin, Yamaha bisa lebih memaksimalkan performa motor mereka jelang tampil pada balapan MotoGP Republik Ceko 2020 yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus malam WIB.

Tim garpu tala memang mengalami masalah pada motor mereka di dua seri awal musim ini. Hal tersebut menimpa pembalap mereka, Valentino Rossi, yang akhirnya gagal finis pada seri perdana kemarin.

Kejadian yang sama kemudian menimpa pembalap Yamaha lainnya, yakni Franco Morbildelli di seri kedua. Motor pembalap Italia itu mendadak mati hingga membuat Morvidelli menyudahi balapan lebih dulu sebelum menyentuh garis finis.

Baca juga: 4 Pembalap Hebat yang Belum Pernah Menang di MotoGP Republik Ceko

“Mesin kami tidak akan bekerja dengan optimal jika membatasi kecepatan di Republik Ceko dan Austria. Sepertinya, kami sudah mengetahui pangkal permasalah mesin ini,” ujar Lin Jarvis, seperti dimuat Speedweek, Rabu (5/8/2020).

“Kami sedang bekerja keras dengan solusinya. Saya yakin kami dapat menghindari masalah di musim depan. Masalah ini tidak akan dipecahkan hanya dengan mengurangi kecepatan. Itu bukan penyebab masalah,” tegas pria berusia 62 tahun tersebut.

Jelang balapan di Sirkuit Brno akhir pekan nanti, pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang berhasil menyapu bersih kemenangan di dua laga sebelumnya kemungkinan besar kembali diunggulkan. Rider asal Prancis itu meraih kemenangan pada MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia yang berlangsung di Jerez pada Juli kemarin.

Absennya juara dunia tahun lalu, Marc Marquez, juga jadi salah satu faktor utama yang membuat Quartararo kembali dijagokan meraih podium tertinggi di Brno. Apalagi pada edisi sebelumnya pembalap andalan Repsol Honda itu juga menjadi pemenang, disusul Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan Jack Miller (Pramac Ducati) di posisi dua dan tiga.

Seperti diketahui, Marquez yang mengalami cedera patah tulang lengan kanan akibat insiden di MotoGP Spanyol pada Juli kemarin dipastikan harus menepi lebih lama. Operasi kedua harus Marquez jalani karena pelat titanium yang dipasangkan pada operasi pertama tidak bisa menyangga lengan kanannya.

Hal itu terjadi karena aktivitas berat Marquez, terutama saat memaksakan diri tampil pada balapan sebelumnya, MotoGP Andalusia 2020 (sesi latihan bebas). Alhasil, sang pembalap pun harus rela melewatkan balapan berikutnya di Sirkuit Brno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini