Absen di Brno, Peluang Marquez Juara Dunia MotoGP 2020 Mengecil

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 38 2257059 absen-di-brno-peluang-marquez-juara-dunia-motogp-2020-mengecil-LerEayqY24.jpg Peluang Marc Marquez jadi juara dunia mengecil (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Nasib nahas tidak mau berlalu dari Marc Marquez. Juara dunia MotoGP 2019 itu sudah pasti absen pada MotoGP Republik Ceko 2020 akhir pekan ini. Dengan begitu, peluangnya untuk kembali menjadi juara dunia mengecil.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus pada lengan kanan atasnya. Tulang tersebut patah setelah lengan sang pembalap terbentur ban belakang motornya saat terjatuh pada seri perdana, MotoGP Spanyol 2020, Minggu 19 Juli lalu.

The Baby Alien langsung diterbangkan ke Barcelona guna menjalani operasi bedah pada Selasa 21 Juli 2020. Namun, ia membuat kejutan dengan kembali ke Sirkuit Jerez-Angel Nieto untuk seri kedua, pada Kamis 23 Juli sore WIB. Kendati dinyatakan fit untuk mengaspal, ia memilih undur diri.

Baca juga: Resmi, Marc Marquez Absen di MotoGP Republik Ceko 2020

Fabio Quartararo sudah unggul 50 angka (Foto: MotoGP)

Upaya keras dilakukan untuk bugar jelang pekan balapan MotoGP Republik Ceko. Sayangnya, Marc Marquez ternyata harus menjalani operasi bedah untuk kedua kalinya pada Senin 3 Agustus 2020. Usai operasi, pembalap berusia 27 tahun itu diwajibkan tetap berada di rumah sakit selama 48 jam.

Itu berarti, Marc Marquez baru bisa keluar dari rumah sakit secepatnya pada Rabu (5/8/2020). Melihat mepetnya waktu, Repsol Honda langsung menyatakan juara dunia MotoGP 2019 itu absen di Brno. Pemulihan diprediksi membutuhkan waktu lebih lama.

Absen mengaspal di Brno membuat Marc Marquez semakin tertinggal dalam persaingan gelar juara. Saat ini saja, ia sudah defisit 50 poin dengan pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo. Jika andalan Petronas Yamaha SRT itu menang lagi, maka selisih melebar menjadi 75 poin.

Defisit 75 angka dengan 10 seri tersisa setelah Brno tentu mempersulit peluang Marc Marquez untuk menjadi juara. Ia sudah bisa berpikir realistis untuk melupakan Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Sebab, ada kemungkian pula dirinya absen di seri keempat, MotoGP Austria 2020, 16 Agustus mendatang.

Bila menghitung defisit 50 poin saat ini, Marc Marquez harus mengejar minimal lima kemenangan beruntun, dengan asumsi Fabio Quartararo selalu finis kedua. Sembari fokus memulihkan diri, kakak dari Alex Marquez itu harus berharap El Diablo dan Maverick Vinales terus gagal menuai poin maksimal.

Dalam situasi tertinggal poin cukup banyak, ada baiknya Marc Marquez bersikap realistis dan melupakan ambisi menjadi juara dunia pada 2020. Ia lebih baik menikmati sisa musim ini sembari mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Marc Marquez memang berambisi menyamai gelar juara dunia milik Valentino Rossi di kelas MotoGP, yakni tujuh kali. Ia sudah menjadi yang terbaik sebanyak enam kali hingga 2019. Dengan waktu yang masih panjang, rekor tersebut bisa dilewati dalam beberapa tahun ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini