Jalani Operasi Kedua, Marc Marquez Terancam Absen 2 Seri

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 38 2257056 jalani-operasi-kedua-marc-marquez-terancam-absen-2-seri-rzMYjvfMxe.jpg Marc Marquez terancam absen lebih panjang (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memastikan diri absen pada MotoGP Republik Ceko 2020 di Sirkuit Autodrom Brno, akhir pekan ini. The Baby Alien bahkan diprediksi masih belum akan mengaspal pada seri berikutnya di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada 16 Agustus 2020.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus pada lengan kanan atasnya. Tulang tersebut patah setelah lengan sang pembalap terbentur ban belakang motornya saat terjatuh pada seri perdana, MotoGP Spanyol 2020, Minggu 19 Juli lalu.

Juara dunia MotoGP 2019 itu langsung diterbangkan ke Barcelona guna menjalani operasi bedah pada Selasa 21 Juli 2020. Namun, ia membuat kejutan dengan kembali ke Sirkuit Jerez-Angel Nieto untuk seri kedua, pada Kamis 23 Juli sore WIB. Kendati dinyatakan fit untuk mengaspal, ia memilih undur diri.

Baca juga: Resmi, Marc Marquez Absen di MotoGP Republik Ceko 2020

Marc Marquez berlatih memulihkan tangan kanan (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

Upaya keras dilakukan untuk bugar jelang pekan balapan MotoGP Republik Ceko. Sayangnya, Marc Marquez ternyata harus menjalani operasi bedah untuk kedua kalinya pada Senin 3 Agustus 2020. Usai operasi, pembalap berusia 27 tahun itu diwajibkan tetap berada di rumah sakit selama 48 jam.

Itu berarti, Marc Marquez baru bisa keluar dari rumah sakit secepatnya pada Rabu (5/8/2020). Melihat mepetnya waktu, Repsol Honda langsung menyatakan juara dunia MotoGP 2019 itu absen di Brno. Pemulihan diprediksi membutuhkan waktu lebih lama.

“Pelat titanium yang sudah ditanam harus diganti dengan yang baru karena besarnya tekanan pada tangan. Dia sudah mengikuti saran dari tim medis selama pemulihan. Sayangnya, tekanan yang berlebihan menyebabkan masalah ini,” tutur kepala tim medis, Dokter Xavier Mir, di situs resmi MotoGP.

Setelah keluar dari rumah sakit, Marc Marquez akan kembali menjalani masa pemulihan. Namun, ia membutuhkan waktu lebih lama. Sementara itu, seri keempat akan digelar dengan jarak sepekan dari Brno, yakni MotoGP Austria 2020, 16 Agustus mendatang.

Jarak sepekan setelah keluar dari rumah sakit hingga seri berikutnya tentu tidak ideal untuk masa pemulihan. Upaya keras untuk memulihkan lengan kanan justru bakal membuat cedera berpotensi lebih buruk lagi bagi Marc Marquez.

Sebelum jalani operasi, pembalap kelahiran Cervera itu terlihat mengunggah video tengah berlatih fisik. Ada kemungkinan, pelat titanium yang ditanam mengalami tekanan berat akibat latihan. Berkaca pada situasi itu, maka Marc Marquez sebaiknya tidak memaksakan diri.

Andai rela absen pada dua seri ke depan dan fokus memulihkan diri, Marc Marquez bisa kembali pada balapan kedua di Sirkuit Red Bull Ring, pada 23 Agustus 2020. Pun begitu, kondisi fisiknya diyakini belum 100% pada seri yang diberi nama MotoGP Styria 2020 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini