Penampakan Pelat Titanium di Lengan Kanan Marquez sebelum Operasi Kedua

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 38 2257035 penampakan-pelat-titanium-di-lengan-kanan-marquez-sebelum-operasi-kedua-74L6iDCTJ1.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tidak tampil pada balapan seri ketiga musim ini, MotoGP Republik Ceko 2020. Balapan itu rencananya akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020 malam WIB.

Marquez tidak dapat tampil karena belum pulih dari cedera patah lengah kanan yang dideritanya. Marquez bahkan baru menjalani operasi kedua di Rumah Sakit Universitas Dexeus Barcelona, Senin 3 Agustus 2020.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Operasi kedua harus Marquez jalani karena pelat titanium yang dipasangkan pada operasi pertama tidak bisa menyangga lengan kanannya. Hal itu terjadi karena aktivitas berat Marquez, terutama saat memaksakan diri tampil pada balapan sebelumnya, MotoGP Andalusia 2020.

Marquez ingin tampil pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020 itu, agar bisa meraih poin perdana pada musim ini. Marquez yang menjalani operasi pertama pada Selasa 21 Juli 2020 kembali ke lintasan balap selang empat hari setelahnya.

BACA JUGA: Bradl Gantikan Marquez di MotoGP Republik Ceko 2020

Marquez tidak tampil pada sesi latihan bebas satu dan dua, tetapi ia mengikuti sesi latihan bebas ketiga hingga kualifikasi. Akan tetapi, Marquez tidak melanjutkan aksinya untuk membalap di MotoGP Andalusia 2020. Marquez memutuskan mundur setelah beberapa saat melakukan kualifikasi.

The Baby Alien –julukan Marquez– pun berencana untuk comeback di MotoGP Republik Ceko 2020. Marquez melakukan berbagai latihan fisik ringan serta terapi untuk memperkuat lengan kanannya.

Namun, hal yang tidak diinginkan justru terjadi. Pelat titanium yang ada di lengan kanan Marquez tidak sanggup menahan beban aktivitas yang dilakukannya sejak operasi pertama.

Kemudian, beredar foto sinar x yang menunjukkan kondisi lengan kanan Marquez sebelum operasi kedua. Tampak pelat titanium yang seharusnya menyangga lengan kanan Marquez rusak.

Pelat titanium pada lengan kanan Marquez patah (Foto: Istimewa)

“Marc Marquez menjalani operasi 13 hari yang lalu dan sekarang ia kembali ke ruang operasi. Operasi pertama berhasil, yang tidak diharapkan adalah plat tidak cukup (kuat menahan beban aktivitas),” kata dr. Xavier Mir yang menangani cedera Marquez, seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, Rabu (5/8/2020).

“Akumulasi tekanan di area yang dioperasi telah menyebabkan plat mengalami kerusakan, jadi hari ini (Senin) plat titanium telah dilepas dan diganti dengan fiksasi baru. Si pembalap tidak merasakan sakit selama periode ini,” lanjutnya.

“Dia selalu mengikuti saran medis yang diberikan dan perasaan dari tubuhnya. Sayangnya, tekanan yang berlebihan telah menyebabkan masalah ini. Sekarang kami harus menunggu 48 jam untuk memahami waktu pemulihan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini