5 Fakta dari MotoGP Andalusia 2020, Quartararo Tunjukkan Dominasi

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 38 2252639 5-fakta-dari-motogp-andalusia-2020-quartararo-tunjukkan-dominasi-GL2dJVkhBX.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

BALAPAN seri kedua MotoGP musim 2020 telah rampung dilangsungkan pada, Minggu (27/7/2020) malam WIB. Dalam balapan kali Tim Yamaha tampil begitu mendominasi. Ya, Tim Yamaha berhasil menguasai tiga posisi terdepan dalam balapan tersebut.

Dengan kesuksesan yang mampu ditorehkan Tim Yamaha tersebut, terdapat beberapa fakta menarik yang terjadi di MotoGP Andalusia 2020. Maka dari itu, kami pun coba merangkum lima fakta menarik yang terjadi sepanjang balapan kemarin.

Berikut lima fakta dari MotoGP Andalusia 2020:

5. Valentino Rossi Sudahi Puasa Podium

Valentino Rossi

Rossi berhasil meraih hasil maksimal kala turun di MotoGP Andalusia 2020. Memulai balapan dari posisi keempat, The Doctor –julukan Rossi– langsung melesak ke baris terdepan di awal race MotoGP Andalusia 2020.

Bahkan Rossi sempat menghuni posisi kedua di MotoGP Andalusia 2020. Namun sayang Rossi gagal mempertahankan posisinya, dan harus puas finis di posisi ketiga. Meski begitu, Rossi sendiri tetap berhasil menyudahi puasa podium sejak terakhir ia raih di MotoGP Amerika Serikat 2019.

4. Yamaha Ulangi Rekor 6 Tahun Lalu

Pembalap Yamaha Dominasi MotoGP Andalusia 2020

Keberhasilan Tim Yamaha mendominasi jalannya balapan MotoGP Andalusia, membuat mereka mengulangi catatan manis enam musim lalu di Sirkuit Philip Island. Ya, pada saat itu, para pembalap Tim Yamaha juga mampu mendominasi posisi tiga besar.

Namun yang membedakan, di MotoGP Andalusia 2020 para pembalap Tim Yamaha mampu memiliki jarak yang cukup lebar dengan para pesaingnya. Bahkan Fabio Quartararo sendiri berhasil finis dengan jarak hampir 6 detik di depan Maverick Vinales serta Valentino Rossi.

3. Fabio Quartararo Jadi Pembalap Termuda Kedua yang Raih Dua Kemenangan Beruntun

Fabio Quartararo

Selain mampu tampil impresif, sejumlah fakta menarik berhasil ditorehkan Fabio Quartararo di MotoGP Andalusia 2020. Salah satunya adalah menjadi pembalap termuda yang mampu meraih dua kemenangan secara beruntun.

Ya, Quartararo memang berhasil memenangkan balapan awal MotoGP 2020 yang sama-sama berlangsung di Sirkuit Jerez. Hal itu membuat dirinya jadi pembalap termuda kedua yang behasil meraih kemenangan secara beruntun. Quartararao (21 tahun dan 97 hari) berada di belakang Marquez (20 tahun dan 154 hari).

2 Fabio Quartararo Samai Catatan Manis Jorge Lorenzo

Fabio Quartararo

Ya, Fabio Quartararo berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu kandidat terkuat peraih gelar juara dunia tahun ini. Sejak balapan MotoGP Andalusia 2020 dimulai, Quartararo memang langsung memimpin balapan.

Quartararo pun akhirnya mampu menyelesaikan balapan MotoGP Andalusia 2020 dengan jadi rider paling pertama yang menyentuh garis finis. Catatan manis itu membuat Quartararo mengulangi catatan manis Jorge Lorenzo sebagai pembalap Tim Yamaha yang berhasil memenangkan dua balapan secara beruntun.

1. Fabio Quartararo Ulangi Raihan Marquez di MotoGP 2013

Fabio Quartararo

Selain menyamai catatan manis Jorge Lorenzo, keberhasilan Fabio Quartararo menjuarai MotoGP Andalusia 2020 membuatnya mengulangi catatan impresif Marc Marquez, dengan keluar sebagai juara balapan di satu negara secara beruntun.

Ya, Marquez pernah berstatus sebagai pembalap yang berhasil juara di balapan dalam satu negara kala mengaspal di MotoGP Amerika Serikat dan Indianapolis 2013. Kini catatan impresif Marquez itu berhasil disamai oleh Quratararo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini