Lakukan Uji Coba Ilegal, Kepala Kru Berharap Quartararo Tak Dapat Hukuman Berat dari FIM

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 01:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 38 2245283 lakukan-uji-coba-ilegal-kepala-kru-berharap-quartararo-tak-dapat-hukuman-berat-dari-fim-9pLxEz8PMk.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

LESMO – Kepala kru Fabio Quartararo di Tim Petronas Yamaha SRT, Diego Gubellini, memberikan komentar soal pembalapnya yang berpotensi mendapatkan hukuman berat dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Gubellini berharap Quartararo tak dihukum berat, karena dianggap telah melakukan uji coba ilegal belum lama ini.

Sebagaimana diketahui dalam regulasi MotoGP, para pembalap memang dilarang menggunakan motor dengan komponen balap Grand Prix dalam uji coba di luar yang sudah dijadwalkan FIM. Apabila ada pembalap yang melakukan uji coba dengan menggunakan motor spek balapan, ia bakal mendapatkan hukuman karena sesi latihan tersebut dikategorikan ilegal.

Dalam beberapa hari terakhir para pecinta MotoGP pun dikejutkan dengan pernyataan resmi Federasi Balap Motor Internasional (FIM) soal adanya pembalap yang menggunakan motor ilegal dalam uji coba mereka. FIM menyebut ada dua nama yang melanggar regulasi tersebut.

Fabio Quartararo

Akan tetapi pihak FIM hingga kini belum mengungkapkan siapa sosok pembalap yang melakukan pelanggara tersebut. Nama Fabio Quartararo dan Sergio Garcia (pembalap Moto2) dicurigai sebagai pembalap yang telah melanggar regulasi penggunaan motor ilegal tersebut.

Apabila dinyatakan bersalah telah melakukan uji coba ilegal, maka Quartararo pun dihadapkan dengan hukuman berat. Padahal bagi Quartararo, MotoGP 2020 berarti sangat penting baginya. Sebab Quartaro ingin menjadikan MotoGP 2020 sebagai pembuktian bahwa dirinya layak dipercaya manajemen Tim Yamaha untuk menggantikan peran Valentino Rossi di timnya.

Baca Juga:  Sebelum MotoGP 2020 Mulai, Quartararo Sibuk Cari Tahu Kelemahan Marquez

Perihal permasalahan yang pada saat ini menimpa Quartararo pun akhirnya mendapatkan respons dari Gubellini selaku kepala krunya di Tim Petronas Yamaha SRT. Gubellini mengaku sangat berharap agar Quartararo terhindar dari hukuman berat dari pihak FIM terkait kesalahannya itu.

Gubellini sendiri mengaku dirinya sebenarnya tidak tahu-menahu soal apa yang sebenarnya terjadi pada Quartararo saat ini. Terlebih, Gubellini mengatakan dirinya tidak hadir saat Quartararo menjalani uji coba tertutup tersebut.

“Saya tak mau bicara detail, karena ini urusan manajer tim. Jelas ada regulasi yang harus dihormati, tapi saya hanya tahu apa yang terjadi berdasarkan apa yang saya baca di internet. Saya sendiri tak hadir dalam uji coba tertutup itu,” ucap Gubellini, seperti disadur dari GPOne, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Bagi Quartararo, Sirkuit Mugello Punya Kesan Berbeda

Selain itu, Gubellini juga mengomentari soal rumor yang mengatakan kecurigaan Quartararo menggunakan motor dengan spek balap ketika dirinya mem-posting hal tersebut di akun Instagram-nya. Gubellini pun mengakui bahwa apa yang dilakukan Quartararo tersebut memang cukup berlebihan.

“Fabio mempublikasi foto-fotonya di media sosial, jadi meski ada pelanggaran, ia tak punya niatan buruk. Jika memang ia melanggar sesuatu, memang tepat jika ada tindakan tegas. Tapi semoga ia tak dihukum,” tuntas pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini