Aleix Espargaro Ungkap Peran Penting Tim Satelit bagi Aprilia Gresini

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 38 2244036 aleix-espargaro-ungkap-peran-penting-tim-satelit-bagi-aprilia-gresini-zfI5yZtWv5.jpg Aleix Espargaro (Foto: motogp.com)

BARCELONA – Aleix Espargaro menyambut gembira rencana manajemen Aprilia Gresini untuk memiliki tim satelit mereka di MotoGP musim 2021 atau 2022. Pasalnya, Espargaro percaya bahwa kehadiran tim satelit bakal mempermudah upaya Aprilia untuk bisa jadi tim kompetitif di MotoGP.

Sebagaimana diketahui sejak memutuskan untuk membuat tim sendiri di 2015, kiprah Tim Aprilia memang di kejuaraan dunia MotoGP memang kurang begitu mengesankan. Bahkan dari lima tahun tampil di MotoGP, belum ada satu pun pembalap Tim Aprilia yang finis di 10 besar pada klasemen akhir.

Prestasi terbaik yang pernah ditorehkan pembalap Tim Aprilia di kelas MotoGP terjadi pada musim 2012, ketika Alvaro Bautista mampu menempati posisi ke-12 di klasemen akhir. Sementara pada MotoGP 2019, dengan duet Espargaro dan Andrea Iannone pun tak mampu berbicara banyak.

Aleix Espargaro

Meski begitu tidak lantas membuat manajemen Tim Aprilia merasa patah arang. Bahkan Tim Aprilia disebut-sebut tengah merencanakan untuk bisa memiliki tim satelit di kejuaraan dunia tahun depan atau MotoGP 2022 untuk merealisasikannya.

Espargaro yang sudah sejak lama meminta agar manajemen Tim Aprilia mempunyai tim satelit pun menyambut gembira rencana tersebut. Sebab Espargaro sadar betul dengan kehadiran tim satelit, maka upaya pengembangan motor Aprilia, yakni RS-GP, bakal berjalan lebih muda.

Baca Juga: Bertandem dengan 4 Pembalap Berbeda di Aprilia, Ini Komentar Aleix Espargaro

Pasalnya Espargaro menilai dengan adanya tim satelit, maka teknisi Tim Aprilia bakal lebih banyak mendapatkan referensi dalam mengembangkan RS-GP. Selain itu, adanya tim satelit juga bakal membantu Tim Aprilia untuk bisa menggaet para pembalap muda potensial.

“Kami butuh tim satelit. Kita lihat lewat KTM, memiliki tim seperti Tech 3 bisa meningkatkan level performa. Bisa ada peluang lebih besar dalam menjajal banyak perangkat, dan para pembalap muda bisa mendorong para pembalap tim pabrikan untuk lebih cepat,” jelas Espargaro, seperti disadur dari The Racer, Jumat (10/7/2020).

“Sebab dengan hanya terdapat dua motor saja di lintasan, rasanya sangat sulit. Tahun ini, kami akan coba membuat level performa kami lebih tinggi dengan Bradley, tapi rencana 2021 dan 2022 adalah mempunyai tim satelit,” sambung pembalap berusia 30 tahun itu.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2020, Rins dan Aleix Espargaro Latihan Bareng di Portugal

“Ide Massimo Rivola (CEO Aprilia Racing) adalah menjadikan tim itu sebagai tim junior, membawa beberapa pembalap dari Moto2 untuk naik kelas agar mereka bisa belajar apa pun mengenai MotoGP sebelum diletakkan di tim pabrikan.”

“Tapi bagi saya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjadikan RS-GP motor yang sangat kompetitif, dan target saya yang satu ini sudah jelas. Dulu, para rider Moto2 papan atas melihat Aprilia. Jadi kami ingin membuat Aprilia sebagai opsi yang sangat menarik, dan itu tugas saya,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini