nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brivio Janji Suzuki Ecstar Tidak Akan Hengkang dari MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 05:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 20 38 2216757 brivio-janji-suzuki-ecstar-tidak-akan-hengkang-dari-motogp-knGGQ8ygdf.jpg Tim Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2020 (Foto: Suzuki Racing)

MILAN – Pandemi virus Corona baru (Covid-19) diakui punya dampak cukup hebat bagi finansial tim-tim MotoGP. Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, tengah mencari cara bagaimana menghemat pengeluaran. Namun, ia yakin krisis tersebut tidak sampai membuat Suzuki hengkang lagi dari MotoGP.

Ketiadaan balapan hingga Mei 2020 membuat tim-tim yang berlaga di MotoGP kehilangan pendapatan. Bagi tim pabrikan seperti Suzuki Ecstar, hidup mereka masih bisa ditunjang dari induk perusahaan. Sementara tim-tim independen atau satelit, sekadar untuk bertahan hidup saja sulit.

Baca juga: Mir Bersyukur Pemerintah Andorra Izinkan Berlatih di Sirkuit

Tim Suzuki Ecstar harus menekan pengeluaran (Foto: MotoGP)

Untung bagi tim-tim satelit tersebut, Dorna Sports memberikan dana bantuan sebesar 250 ribu Euro (setara Rp4 miliar) per bulan pada April-Juni 2020. Sementara tim pabrikan, sama sekali tidak mendapat bantuan sehingga harus pintar-pintar menghemat pengeluaran.

Salah satu cara yang ditempuh Suzuki Ecstar adalah dengan buru-buru mengikat kontrak Alex Rins dan Joan Mir selama dua tahun ke depan. Selain menghemat pengeluaran, cara itu menjadi pertanda bahwa Suzuki Ecstar masih ingin berlaga di MotoGP.

“Kami diminta oleh Suzuki untuk menghemat anggaran semaksimal mungkin pada 2020 dan berusaha memangkas sejumlah pengeluaran. Di satu sisi, itu tidak rumit karena kami tidak bepergian dan balapan. Itu membuat kami bisa menghemat uang,” tutur Davide Brivio, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Rabu (20/5/2020).

“Apakah cara penghematan itu sudah cukup atau belum, saya kurang tahu. Kami terus menjalin kontak dengan Manajemen Suzuki di Jepang dan berusaha menghitung biaya tahun ini. Sepertinya semua tim tahun ini mengurangi biaya, juga tahun depan,” tutup lelaki berkebangsaan Italia tersebut.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini