nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Wakil Terakhir Indonesia yang Juara BWF World Tour Finals

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 13 40 2141461 3-wakil-terakhir-indonesia-yang-juara-bwf-world-tour-finals-8eBLmcbWJU.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: Laman resmi PBSI)

AJANG BWF World Tour Finals selalu menjadi ajang yang sangat ditunggu para pebulu tangkis dunia. Jika tahun-tahun sebelumnya bernama BWF Super Series Finals, kini sejak 2018 ajang tersebut berubah nama menjadi BWF World Tour Finals.

Selama berubah menjadi BWF World Tour Finals, wakil Indonesia belum pernah ada yang keluar sebagai juara. Sementara selama gelaran BWF Super Series Finals yang berlangsung sejak 2008 hingga 2017, Indonesia telah memiliki tiga pemenang.

Menariknya, ketiga pemenang tersebut pun selalu datang dari nomor ganda putra. Berikut tiga wakil terakhir Indonesia yang pernah menjuarai ajang bergengsi akhir tahun tersebut.

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2013)

Pada 2013 gelaran BWF Super Series Finals berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Ahsan/Hendra keluar sebagai juara setelah melalui perjuangan yang tidak cukup mudah. Sempat menelan satu kali kekalahan di fase grup, Ahsan/Hendra masih mampu mempertahankan statusnya sebagai juara Grup A.

Pada laga semifinal, Ahsan/Hendra sukses melewati Mathias Boe/Carsten Mogensen asal Denmark untuk melaju ke final. Pada partai puncak, Ahsan/Hendra berhasil memastikan diri menjadi juara usai menaklukkan Kim Gi-jung/Kim Sa-rang asal Korea Selatan dengan skor 21-14 dan 21-16.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: PBSI)

2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2015)

Dua tahun berselang, Ahsan/Hendra mampu menunjukkan ketangguhannya di ajang BWF Super Series Finals. Berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, kali ini perjuangan Ahsan/Hendra untuk menjadi juara jauh lebih sulit.

Lolos ke semifinal dengan sebagai runner-up Grup A, Ahsan/Hendra mendapat perlawanan keras dari Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong asal Korea Selatan. Mereka pun melewati pertandingan tersebut dengan skor 21-17, 22-24, dan 21-15.

Pada laga puncak, Ahsan/Hendra kembali mendapat tantangan berat yang datang dari wakil China, Chai Biao/Hong Wei. Bermain selama tiga set, Ahsan/Hendra akhirnya keluar sebagai juara setleah menang dengan skor 13-21, 21-14, dan 21-14.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: PBSI)

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (2017)

Pada 2017, gelar juara berhasil dipersembahkan Marcus/Kevin. Hampir sama dengan Ahsan/Hendra pada 2015, Marcus/Kevin lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A. Meski begitu, pada semifinal pasangan berjuluk Minions itu mampu tampil ganas.

Pada babak semifinal, Marcus/Kevin sukses menaklukkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang dengan skor 21-10, 18-21, dan 21-16. Sementara di final, Marcus/Kevin berhasil menumbangkan wakil China, Liu Cheng/Zhang Nan dengan skor 21-16 dan 21-15.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini