nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Negara Tersukses di Cabang Olahraga Bulu Tangkis SEA Games

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 21 40 2132893 5-negara-tersukses-di-cabang-olahraga-bulu-tangkis-sea-games-rHVOhtl27z.jpg Jonatan Christie. (Foto: Laman resmi PBSI)

AJANG SEA Games akan kembali digelar pada tahun ini. Pada edisi ke-30 ini, pesta olahraga multi-event terbesar di Asia Tenggara tersebut akan digelar di Filipina mulai 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019.

Sejumlah atlet terbaik di Tanah Air pun dipastikan bakal turut berlaga di turnamen tersebut. Salah satu cabang olahraga (cabor) yang diharapkan bisa membawa pulang emas adalah bulu tangkis. Sebab, atlet dari cabor tersebut sendiri berhasil mengukir prestasi gemilang untuk Indonesia sejauh ini di SEA Games.

Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga bisa mengukir prestasi gemilang di cabor tersebut. Kali ini, Okezone pun akan membahasnya. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019), berikut lima negara tersukses di cabang olahraga bulu tangkis SEA Games.

5. Vietnam

Di urutan kelima, ada negara Vietnam. Para pebulu tangkis dari negara ini dapat tampil cukup apik di pentas SEA Games sehingga membawa Vietnam turut menduduki daftar negara tersukses di cabang olahraga tersebut.

Tien Minh Nguyen salah satu atlet Vietnam yang raih medali di SEA Games

Sejatinya, tak banyak koleksi medali yang bisa diraih Vietnam selama ikut serta dalam kejuaraan SEA Games di cabong bulu tangkis ini. Bahkan, tak ada raihan medali emas dan perak yang bisa diraih. Dari 10 medali yang telah diraih, seluruhnya merupakan perunggu.

4. Singapura

Selanjutnya, di urutan keempat, ada negara Singapura yang turut bertengger di daftar negara tersukses di cabang olahraga SEA Games. Berbeda dengan Vietnam, para pebulu tangkis Singapura berhasil meraih medali emas.

Dani Bawa Chrisnanta

Singapura total tercatat telah meraih 35 medali dari cabor ini di SEA Games. Dua dari 35 medali tersebut merupakan emas. Sementara 33 sisanya terdiri dari enam medali perak dan 27 medali perunggu.

3. Thailand

Nama Thailand juga masuk ke daftar ini. Negeri Gajah Putih –julukan Thailand– mengisi posisi ketiga sebagai negara tersukses di cabor bulu tangkis SEA Games. Koleksi emas yang diraih oleh atlet Thailand pun jauh lebih banyak dari dua negara sebelumnya.

Ratchanok Intanon

Thailand tercatat telah berhasil merengkuh 98 medali dari keikutsertaannya di SEA Games. Dari 35 medali itu, 13 medali merupakan emas. Sementara itu, 63 sisanya terdiri dari 31 medali perak dan 54 medali perunggu.

2. Malaysia

Di urutan kedua, ada Malaysia. Tak kalah apik dari atlet di tiga negara sebelumnya, para pebulu tangkis dari Negeri Jiran –julukan Malaysia– juga mampu tampil tangguh saat berlaga di pesta olahraga multi-event terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Goh Liu Ying

Koleksi medali dari negara ini sejatinya lebih sedikit dari Thailand. Malaysia tercatat hanya baru meraih 85 medali di cabor bulu tangkis. Tetapi, jumlah emas yang didapat lebih banyak dari Thailand. Malaysia total mengoleksi 15 medali emas, 23 perak, dan 47 perunggu.

1. Indonesia

Terakhir, ada Indonesia yang bertengger di urutan pertama. Para kontingen Tanah Air di cabor ini mampu tampil begitu gemilang sehingga membawa Indonesia menjadi negara tersukses di SEA Games.

Penampilan Jonatan Christie

Lebih dari seratus medali telah berhasil diraih para pebulu tangkis Tanah Air. Torehan medali tepatnya Indonesia di cabor ini adalah 126. Jumlah tersebut terdiri dari 59 medali emas, 39 medali perak, dan 28 medali perunggu. Jumlah ini pun sangat mungkin bertambah karena para atlet terbaik akan turut berlaga di gelaran SEA Games 2019.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini