nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Negara Terbaik Kedua Sepanjang Sejarah SEA Games

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 18 November 2019 12:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 43 2131203 indonesia-negara-terbaik-kedua-sepanjang-sejarah-sea-games-lzxArk1L8A.jpg Jonatan Christie di SEA Games 2017. (Foto: PBSI)

SEA Games 2019 tak lama lagi akan segera dihelat, tepatnya pada 30 November sampai 11 Desember 2019. Ajang olahraga multi event terbesar se-Asia Tenggara yang berlangsung di Filipina itu akan menjadi perhelatan ke-30 dari turnamen tersebut.

11 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Vietnam, Timor-Leste, dan tuan rumah Filipina, dipastikan bertarung untuk memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu untuk menjadi juara umum di turnamen tersebut. Ke-11 negara itu akan berkompetisi di 56 cabang olahraga (cabor) yang nantinya akan terbagi menjadi 529 event.

Baca Juga: Sejarah Singkat Terbentuknya SEA Games

SEA Games 2019

Tentu banyak berharap Indonesia bisa menjadi juara umum di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. Apalagi dalam sejarahnya Indonesia adalah negara terbaik kedua di SEA Games. Sebab Indonesia sudah 10 kali menjadi juara umum di ajang tersebut.

Indonesia hanya kalah dari Thailand yang sudah mengoleksi 13 kali menjadi juara umum di ajang SEA Games. Namun, sebenarnya Indonesia bisa kalah dalam perolehan juara umum tersebut dikarenakan Tanah Air telat masuk ke ajang olahraga itu.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya nama pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bukanlah SEA Games, melain SEAP (South East Asian Peninsular) Games atau diartikan ke bahasa Indonesia menjadi Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara. Ketika kompetisi itu pertama kali dihelat pada Desember 1959, Indonesia belum tergabung ke dalam pesta olahraga tersebut, sementara Thailand sudah.

Total Thailand menjadi juara umum sebanyak enam kali dari delapan edisi awal SEAP Games. Akan tetapi, dominasi Thailand itu terhenti oleh Indonesia. Indonesia yang baru bergabung pada edisi ke-9 pada November 1977 itu sukses menjadi juara umum kompetisi tersebut. Pada 1977 itu nama SEAP Games pun akhirnya diubah menjadi SEA Games.

Setelah bergabung pada 1977 dan memenangi ajangnya, Indonesia terus menjadi juara umum di tiga edisi selanjutnya. Namun, pada edisi ke-13 yang berlangsung Desember 1985, tren positif Indonesia terhenti oleh Thailand, yang mana negara tersebut kembali menjadi juara umum lagi di SEA Games.

Kendati begitu, Indonesia kembali bangkit dan langsung menjadi juara umum kembali di edisi ke-14 hingga edisi ke-17. Setelah itu meski tak terlalu mendominasi lagi, Indonesia tercatat berhasil menambah dua kali juara umum lagi, tepatnya di edisi ke-19 pada 1997 dan edisi 26 pada tahun 2011. Jadi, total Indonesia menjadi juara umum di ajang olahraga dua tahunan itu sebanyak 10 kali.

Sejarah SEA Games

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini