nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penampilan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Malaysia, Memburuk dalam 2 Tahun Terakhir

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 30 38 2123752 5-penampilan-terakhir-valentino-rossi-di-motogp-malaysia-memburuk-dalam-2-tahun-terakhir-6NkLnSOkEO.jpg Valentino Rossi. (Foto: AFP)

AJANG MotoGP 2019 telah memasuki seri Malaysia yang akan digelar pada akhir pekan ini. Sejumlah penampilan pembalap pun mendapat sorotan lebih jelang mentas di Sirkuit Sepang, Malaysia. Salah satunya ialah sosok pembalap gaek Yamaha, Valentino Rossi.

Rossi memang telah menjadi ikon penting di dunia MotoGP. Penampilannya selalu berhasil mendapat sorotan lebih dari publik di setiap balapan. Pembicaraan tentang dirinya tak pernah habis, meski terkadang penampilannya tak apik.

Kini, publik pun menerka peluang The Doctor –julukan Rossi– untuk menuai hasil manis di GP Malaysia. Jika menilik performanya pada musim ini, banyak pihak ragu ia bisa berbicara banyak. Di gelaran MotoGP 2019, Rossi memang gagal mempersembahkan penampilan gemilang. Ia bahkan belum bisa menghentikan puasa kemenangan yang telah berlangsung sudah lama.

Sebelum mengetahui penampilan Rossi di Sirkuit Sepang pada tahun ini, mari menilik aksi sang pembalap pada musim-musim sebelumnya. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (30/10/2019), berikut lima penampilan terakhir Valentino Rossi di MotoGP Malaysia.

5. MotoGP Malaysia 2014

Pada gelaran MotoGP Malaysia 2014, Rossi berhasil menyuguhkan penampilan yang apik. Meski gagal menang, ia tetap dapat menjejakkan kakinya di podium setelah memulai lomba dari posisi yang kurang apik.

Penampilan Valentino Rossi

Rossi harus memulai perlombaan di MotoGP Malaysia 2014 dari posisi keenam. Tetapi, ia berhasil melesat kencang hingga bersaing untuk memperebutkan kemenangan. Sayang, usahanya belum mampu mengalahkan Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang.

Rossi pun harus puas hanya bertengger di podium kedua. Ia mencatatkan waktu yang terpaut 2,445 angka dari Marquez. Sementara itu, podium ketiga ditempati oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

4. MotoGP Malaysia 2015

Setahun berikutnya, Rossi masih bisa menyelesaikan perlombaan di Sirkuit Sepang dengan bertengger di podium. Tetapi bukan podium kedua, kali ini pembalap asal Italia itu harus puas hanya finis di urutan ketiga.

Valentino Rossi

Rossi dapat memulai balapan dari posisi yang jauh lebih baik dalam balapan kali ini. Pembalap berusia 40 tahun itu menempati posisi ketiga di grid. Posisi ini pun dapat dipertahankannya hingga menyentuh garis finis

Catatan waktu Rossi terpaut hingga 13,724 dari Dani Pedrosa (Honda) yang keluar sebagai pemenang pada seri ini. Sementara itu, podium kedua ditempati oleh rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, yang memiliki catatan waktu terpaut 3,612 detik dari Pedrosa.

3. MotoGP Malaysia 2016

Di gelaran MotoGP Malaysia 2016, Rossi kembali berhasil naik podium. Kali ini, pemilik Academy VR46 ini bisa mengakhiri perlombaan dengan finis di urutan kedua. Lajunya untuk menyegel posisi ini pun terbilang cukup mulus.

Valentino Rossi

Rossi memulai perlombaan di MotoGP Malaysia 2016 dengan bertengger di posisi kedua. Ia pun berhasil mempertahankan kinerja yang apik sehingga bersaing ketat dengan Andrea Dovizioso (Ducati) yang terus memimpin sejak awal perlombaan.

Sayangnya, usaha Rossi untuk menghentikan laju Dovizioso meraih kemenangan gagal berbuah manis. Dovizioso pun keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 42 menit 27,333 detik. Di tempat kedua, ada Rossi yang finis dengan catatan waktu terpaut 3,115 detik.

2. MotoGP Malaysia 2017

Tren positif Rossi di Sirkuit Sepang mulai meluntur pada 2017. Di gelaran MotoGP Malaysia 2017, ia gagal naik podium. Peraih sembilan gelar juara itu hanya mampu menyelesaikan perlombaan di posisi ketujuh.

Valentino Rossi

Rossi sejatinya dapat memulai lomba dengan cukup apik. Ia menyegel posisi keempat di grid. Sayangnya, posisi ini tak bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga posisinya terus mundur. Rossi akhirnya harus puas finis di urutan ketujuh dengan catatan waktu terpaut hingga 30,769 detik dari Andrea Dovizioso yang keluar sebagai pemenang.

Podium kedua kala itu diisi oleh Jorge Lorenzo yang sudah tak lagi memperkuat Yamaha, melainkan Ducati. Sementara itu, di posisi ketiga, ada pembalap tim satelit Yamaha, Johann Zarco, yang finis dengan catatan waktu terpaut 9,738 detik dari Dovizioso.

1. MotoGP Malaysia 2018

Hasil yang lebih memilukan harus didapat Rossi di gelaran MotoGP Malaysia 2018. Ia kembali gagal naik podium dan hanya bisa menyelesaikan perlombaan di urutan ke-18. Posisi ini ditempati Rossi, meski sejatinya dapat memulai perlombaan dengan begitu apik.

Valentino Rossi

Rossi memulai perlombaan dari urutan kedua. Ia pun tampil begitu apik sehingga memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan. Sayangnya, ia gagal memanfaatkan kesempatan tersebut karena mengalami kecelakaan.

Alhasil, Rossi pun harus tercecer ke posisi belakang dan hanya menyelesaikan perlombaan di urutan ke-18. Podium sendiri ditempati oleh Marc Marquez, Alex Rins, dan Johann Zarco secara berurutan.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini