nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Forcada Komentari Keputusan Rossi Ganti Kepala Krunya

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 05:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 38 2115480 forcada-komentari-keputusan-rossi-ganti-kepala-krunya-q2jfdQGhvM.jpg Valentino Rossi (Foto: motogp.com)

MOL – Ramon Forcada memberikan komentarnya mengenai keputusan Valentino Rossi mengganti kepala krunya di Tim Monster Energy Yamaha, yakni Silvano Galbusera. Forcada menilai bahwa keputusan Rossi itu hanya untuk mencari motivasi, bukan untuk perbaikan teknis di Tim Yamaha.

Sebagaimana diketahui, Galbusera sendiri sudah berstatus sebagai kepala kru Rossi di Tim Yamaha sejak 2014. Pada saat itu, Rossi memilih Galbusera sebagai kepala krunya untuk menggantikan peran Jeremy Burgess.

Valentino Rossi

Serangkaian hasil minor yang didapat Rossi dalam dua tahun terakhir di MotoGP, disebut-sebut sebagai alasan utama The Doctor –julukan Rossi– akhirnya memilih untuk mendepak Galbusera sebagai kepala krunya di Tim Yamaha.

Baca Juga: Rossi Khawatir Rekor Gelar Juara Dunianya Dilewati Marquez

Terhitung mulai MotoGP 2020, keberadaan Galbusera sudah tidak ada di paddock Tim Yamaha. Untuk menggantikan peran Galbusera, Rossi pun memilih Davide Munoz, yang sebelumnya berstatus sebagai kepala kru Nicolo Bulega bersama Tim Sky Racing VR46 di Moto2.

Forcada pun percaya keputusan Rossi mengganti kepala krunya dari Galbusera ke Munoz bukan untuk memperbaiki teknisnya. Forcada percaya Rossi melakukan hal tersebut untuk mencari suasana baru demi mendapatkan motivasi tambahan di musim depan.

“Saya tak yakin Davide sangat baik dalam level teknis, jadi menurut saya Vale hanya cari motivasi. Dengan beberapa tahun tersisa, Vale menggaet teknisi tak berpengalaman, jadi apalagi yang ia cari kalau bukan motivasi? Itulah yang juga ia lakukan saat mengganti Jeremy (Burgess) dengan Silvano,” ucap Forcada, seperti disadur dari Speedweek, Selasa (11/10/2019).

Valentino Rossi

“Dengan cara kerja Yamaha, segalanya terbuka. Anda bisa mencoba apapun yang Anda mau, dan mereka akan memberi kebebasan. Jadi saya merasa bahwa Vale tidak bermaksud mencari peningkatan teknis,” sambung kepala kru Franco Morbidelli di Tim Petronas Yamaha SRT itu.

Baca Juga: Agostini Ingatkan Rossi soal Ancaman Marquez yang Masih Berlanjut

“Ini juga terjadi saat ia mengganti Jeremy (Burgess). Vale pikir mereka menemui jalan buntu dan ia menginginkan perubahan. Bagaimana caranya? Well, Davide masih muda dan ia akan punya ide-ide baru,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini